Detail Article
Studi Invitro, Antiseptik Kumur Mengurangi Viral Load Covid-19. Benarkah?
dr. Kupiya TW
Des 16
Share this article
985e1ce7ae028c99312df89ffdd890d4.png
Updated 16/Des/2020 .

Antiseptik dalam bentuk kumur, dari studi terbaru menunjukkan mampu memusnahkan virus korona pada manusia yang terkait erat dengan virus SARS-CoV-2 dalam studi perbandingan laboratorium. Hal ini berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Dr. Craig Meyers dari Department of Microbiology and Immunology, Pennsylvania State College of Medicine, Hershey, Pennsylvania, USA dan kolega dan telah dipublikasikan secara online dalam Journal of Medical Virology pada bulan September 2020.

Obat dan larutan hidrogen peroksida kumur yang banyak tersedia dan mudah digunakan, dalam penelitian ini dapat menambah sebagai lapisan perlindungan untuk diri sendiri dan orang lain, selain protokol 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Meyers dan rekannya menemukan bahwa efektivitas selaras dengan durasi waktu kultur sel terpapar pada setiap produk obat kumur atau kumur. Meskipun bervariasi, produk tersebut membutuhkan setidaknya 30 detik untuk membunuh sebagian besar virus. Menunggu 1 atau 2 menit cenderung memperkuat hasil.


Para peneliti menggunakan HCoV-229e coronavirus manusia sebagai pengganti SARS-CoV-2. Mereka mencatat HCoV-229e adalah analog, karena SARS-CoV-2 akan lebih mahal, lebih sedikit tersedia, dan akan membutuhkan kondisi laboratorium keamanan hayati tingkat 3. Dari hasil studi tersebut menunjukkan bahwa peneliti menemukan bahwa penggunaan antiseptik kumur dalam kurun waktu 30 detik menyebabkan <90% menjadi <99,99% efektivitas, dan dalam 2 menit, efektivitas naik ke> 99,9% menjadi> 99,99%.


Namun peneliti menyebutkan bahwa dikarenakan hal ini masih sebagai penelitian awal, maka ada beberapa keterbatasan, diperlukan studi yang lebih luas dan dilanjutkan studi secara invivo bahkan studi klinis pada manusia.



Image: Ilustrasi (sumber: https://www.newbeauty.com/rinsing-with-hydrogen-peroxide-what-you-need-to-know/)

Referensi:

1. Damian McNamara. Bilas dan Ulangi? Obat Kumur Dapat Mengurangi Penyebaran COVID-19. https://www.medscape.com/viewarticle/939522#vp_2

2. Craig Meyers, Richard Robison, Janice Milici, Samina Alam, David Quillen, David Goldenberg, Rena Kass. Lowering the transmission and spread of human coronavirus. [Internat Cited 16/12/2020]. https://doi.org/10.1002/jmv.26514.


Share this article
Related Articles