Detail Article
SARS-CoV-2 Berpotensi Mengganggu Sistem Kelenjar Melalui ACE2, Benarkah?
Dokter Kalbemed
Jul 29
Share this article
cd396d4367f8393a14f330bcba07910a.jpeg
Updated 21/Des/2020 .

Peneliti menemukan bahwan infeksi SARS-CoV-2, corona virus penyebab COVID-19, dapat mengganggu berbagai fungsi hormon melalui fekenya pada "angiotensin converting enzyme 2"

Peneliti menemukan bahwa infeksi SARS-CoV-2, corona virus penyebab COVID-19, dapat mengganggu berbagai fungsi hormon melalui efeknya pada "angiotensin converting enzyme 2" (ACE2), yang merupakan tempat masuk virus ke dalam sel tubuh.


Hal ini disampaikan oleh Dr. Eric Lazartigues from Louisiana State University Health Sciences Center and Southeast Louisiana Veterans Health Care Systems, New Orleans, and colleagues yang merangkum ekspresi ACE2 dan fungsi endokrin dalam jaringan dan mungkin sebagai dampak dari infeksi virus corona terhadap endokrin yang mana review tersebut telah dipublikasikan secara online dalam jurnal Endocrinology.


Masuknya SARS-CoV-2 ke dalam sel bergantung ikatan pada reseptor ACE2 diikuti oleh "priming protein" dari tonjolan-tonjolan virus, terutama oleh serine protease TMPRSS2, yang dikodekan oleh gen terkait-androgen yang diekspresikan terutama di prostat dan pada level yang lebih rendah di paru-paru, usus besar, hati, ginjal, dan pankreas.

Ekspresi protein ACE2 telah dilaporkan di otak tikus (di daerah hipotalamus yang terkait dengan asupan makanan dan regulasi metabolisme), dalam sel alfa penghasil glukagon tikus dan sel-sel pankreas manusia, dalam jaringan adiposa tikus, serta dalam sel Leydig dan Sertoli dari testis manusia.


Infeksi SARS-CoV-2 telah dikaitkan dengan disfungsi sel-sel pankreas, termasuk cedera pankreas dan sebagian besar dari diabetes baru-onset yang sifatnya reversibel. Keterlibatan testis dengan orkitis telah dilaporkan pada beberapa pasien, tetapi tidak didapatkan adanya SARS-CoV-2 dalam spesimen otopsi testis, sehingga diperkirakan orkitis ini dimediasi sistem imum dibanding efek langsung dari virus. Peningkatan bermakna dari hormon serum luteinizing (LH) dan penurunan rasio serum testosteron terhadap LH juga telah dilaporkan.

Dalam epidemi SARS sebelumnya di Singapura, disfungsi sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal yang bersifat sementara terjadi pada 39% pasien, dan beberapa spesimen otopsi mengungkapkan bukti cedera primer pada kelenjar tiroid.


Data lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah komorbiditas ini terkait dengan peningkatan atau penurunan ekspresi ACE2, atau TMPRSS2, yang dapat mempengaruhi infeksi SARS-CoV-2.


Image: Ilustrasi (sumber: www.who.int)

Referensi:

1. -. Coronavirus damages the endocrine system. Internet Cited: 27/7/2020. Available from: https://www.endocrine.org/news-and-advocacy/news-room/2020/coronavirus-damages-the-endocrine-system

2. Reuters Staff. SARS-CoV-2 Can Disrupt Endocrine System Via ACE2. Internet cited: 27/7/2020. Available from: https://www.medscape.com/viewarticle/934484

Share this article
Related Articles