Detail Article
Guideline ASCO Mengenai Pemeriksaan Genetik Germline Pasien Kanker
dr. Hastarita Lawrenti
Jul 22
Share this article
23670d98c31dc268ff72222f41ad3ff6.jpg
Updated 23/Jul/2024 .

American Society of Clinical Oncology (ASCO) mengeluarkan guideline mengenai pemeriksaan genetik germline pada pasien kanker. 


Dalam guideline ini, terdapat hal-hal berikut ini:

  • Pentingnya mengumpulkan riwayat dalam keluarga dalam setting pemeriksaan panel germline multigen

Guideline merekomendasikan untuk dilakukan pemeriksaan pada pasien dengan riwayat kanker dalam keluarga (rekomendasi: strong, evidence quality: not rated). Pasien harus ditanyakan mengenai kanker apapun pada kerabat tingkat pertama (orang tua, anak-anak, dan saudara sekandung) dan tingkat dua (kakek nenek, bibi, paman, keponakan, dan saudara tiri). Menanyakan kerabat tingkat tiga (sepupu) dapat bermanfaat jika waktu dan situasi memungkinkan.

Pasien harus ditanyakan juga mengenai jenis kanker, usia saat diagnosis, dan apakah ada keterlibatan tumor multipel dari jenis yang sama saat diagnosis. Selain itu, ditanyakan pula etnisnya, apakah ada anggota keluarga lain yang melakukan pemeriksaan genetik germline dan hasilnya (jika tersedia).

 

  • Kapan dan bagaimana pemeriksaan genetik germline multigen dilakukan

Guideline merekomendasikan pemeriksaan panel multigen ditawarkan pada pasien jika terdapat 1 atau lebih gen yang dipertimbangkan relevan dengan diagnosisnya (rekomendasi: strong, evidence quality: not rated). Panel ahli menyarankan bahwa pemeriksaan panel multigen untuk kanker dapat dilakukan pada varian gen yang dikaitkan dengan risiko relatif tinggi kanker (risiko meningkat ≥4 kali lipat) atau yang actionable (dapat menentukan respons terapi) seperti BRCA1, BRCA2, atau gen DNA mismatch repair yang berperan dalam sindrom Lynch (MLH1, MSH2, MSH6, dan PMS2).

Klinisi disarankan untuk memeriksa setidaknya gen yang sangat direkomendasikan untuk setiap indikasi dan gen yang kurang direkomendasikan jika potensi manfaatnya jelas (rekomendasi: not rated, evidence quality: not rated). Jika hasil cepat diperlukan untuk membuat keputusan, mulailah dengan analisis panel yang lebih sedikit.

Klinisi harus berupaya memitigasi risiko pemeriksaan panel genetik seperti kecemasan pasien dan hasil yang diinterpretasikan tidak tepat. Selain itu, klinisi juga harus menanyakan pada pasien terkait cakupan asuransinya.

  • Gen yang yang diperiksakan pada jenis kanker tertentu

Berikut ini adalah tabel yang menunjukkan jenis kanker dan pemeriksaan panel yang direkomendasikan: (rekomendasi: strong, evidence quality: not rated)

  • Penggunaan pemeriksaan germline yang sesuai pada pasien yang telah atau akan menjalani pemeriksaan tumor somatik

Guideline merekomendasikan pasien untuk dilakukan pemeriksaan genetik germline jika memenuhi kriteria pemeriksaan, terlepas dari hasil pemeriksaan genetik tumor, seperti profiling DNA tumor dalam sirkulasi atau pemeriksaan genomik sampel biopsi tumor (rekomendasi: strong, evidence quality: low).

Guideline juga memasukkan sejumlah gen untuk diperiksakan pemeriksaan germline, jika varian patogenik teridentifikasi dalam profiling genomik tumor (rekomendasi: strong, evidence quality: moderate). Misalnya pemeriksaan germline harus ditawarkan pada pasien dengan varian patogenik dari gen berikut: BRCA1, BRCA2, BRIP1, MLH1, MSH2, MSH6, MUTYH, PALB2, PMS2, RAD51C, RAD51D, RET, SDHAF2, SDHB, SDHC, TMEM127, TSC2, dan VHL. Pada pasien usia <30 tahun, gen yang juga diperiksa termasuk APC, PTEN, RB1, dan TP53.

 

Tujuan dari guideline ini adalah membantu ahli onkologi dalam hal: (1) Identifikasi komponen riwayat dalam keluarga yang paling relevan dengan pemeriksaan germline, (2) Memahami potensi manfaat dan risiko dalam pemeriksaan panel multigen, (3) Identifikasi gen yang relevan dengan kanker untuk diperiksakan panel multigen germline berdasarkan riwayat pernah menderita kanker dan kanker dalam keluarga, dan (4) Memahami kapan pemeriksaan genetik germline diindikasikan pada pasien dengan profiling genomik tumor.

 

 

Gambar: Ilustrasi (Sumber: Envato element)

Referensi:

  1. Tung N, Ricker C, Messersmith H, Balmana J, Domchek S, Stoffel EM, et al. Selection of germline genetic testing panels in patients with cancer: ASCO guideline. J Clin Oncol. 2024;42:2599-615.
  2. Forster V. Guidelines on genetic testing in cancer patients. Cancer Therapy Advisor [Internet]. 2024 Jul 11 [cited 2024 Jul 19]. Available from: https://www.cancertherapyadvisor.com/features/guidelines-on-genetic-testing-in-cancer-patients/


Share this article
Related Articles