Detail Article
Alopesia, Berisiko Tiga Kali Lipat Terjadi Demensia
dr. Kupiya
Nov 05
Share this article
029f13fe7b113a92e85aee600cbe2cf7.png
Updated 11/Nov/2021 .

Alopecia areata (AA), penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut, termasuk kebotakan, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia secara signifikan, menurut penelitian baru. Studi ini dipublikasikan secara online pada 26 Oktober di Journal of Clinical Psychiatry.


Para peneliti menggunakan data dari Database Penelitian Asuransi Kesehatan Nasional Taiwan, membandingkan 2534 pasien dengan AA dengan 25.340 kontrol yang cocok untuk usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pendapatan, komorbiditas terkait demensia, penggunaan steroid sistemik, dan kunjungan rawat jalan tahunan. akhir tahun 2013. Usia rata-rata kohort adalah 53,9 tahun, dan sedikit lebih dari setengah (57,6%) adalah perempuan, komorbiditas yang paling umum adalah hipertensi (32,3%), diikuti oleh dislipidemia (27%) dan diabetes (15,4%). ).


AA memiliki tanda peradangan yang serupa dengan demensia dan memiliki dampak psikologis yang besar yang mengarah pada keterlibatan sosial yang buruk, keterlibatan sosial yang buruk, dan sitokin inflamasi bersama mungkin merupakan hubungan penting antara AA dan demensia. Pasien dengan AA sering mengalami kecemasan dan depresi, mungkin disebabkan oleh dampak emosional dan psikologis negatif dari kerontokan rambut dan kebotakan sebagian atau bahkan total yang terkait dengan penyakit ini.


Selain itu, AA juga dikaitkan dengan serangkaian penyakit atopik dan autoimun lainnya, termasuk psoriasis dan lupus eritematosus sistemik (SLE). Penelitian epidemiologis telah menyarankan hubungan antara demensia dan penyakit autoimun seperti psoriasis dan SLE, dengan beberapa bukti menunjukkan bahwa mekanisme autoimun dan inflamasi mungkin "berperan" dalam perkembangan DA. Demensia pada umumnya dan DA pada khususnya, "telah terbukti menyertakan komponen inflamasi" yang mungkin memiliki beberapa mediator yang sama yang terlihat pada AA (misalnya, IL-1β, IL-6, dan tumor necrosis factor-a [TNF-a]). 


Dampak psikososial negatif yang besar dari AA dapat mengakibatkan kehidupan sosial yang buruk, faktor risiko khas untuk demensia. Para peneliti berusaha untuk menyelidiki apakah pasien dengan AA benar-benar memiliki risiko demensia yang lebih tinggi daripada individu tanpa AA. 



Gambar: Ilustrasi (sumber: https://pharmaceutical-journal.com/)

Referensi:

1. Cheng-Yuan Li; Ying-Hsuan Tai; Ying-Xiu Dai, Yun-Ting Chang, Ya-Mei Bai; Shih-Jen Tsai, Tzeng-Ji Chen, and Mu-Hong Chen. Association of Alopecia Areata and the Risk of Dementia: A Nationwide Cohort Study. Internet [Cited 04/11/2021]. Available from: https://www.psychiatrist.com/jcp/neurologic/association-of-alopecia-areata-and-the-risk-of-dementia-nationwide-cohort-study/?utm_source=all-us&utm_medium=email&utm_campaign=jcpwk102721&utm_content=21m13931

2. Batya Swift Yasgur. Alopecia Tied to a Threefold Increased Risk for Dementia. Internet [Cited 3/11/2021]. https://www.medscape.com/viewarticle/962186

Share this article
Related Articles