Detail Article
Suplementasi Zinc Membantu Penyembuhan Ulkus Diabetes
nugroho nitiyoso
Nov 27
Share this article
img-Gelas-ukur1.jpg
Updated 22/May/2020 .

Ulkus diabetes adalah salah satu komplikasi diabetes yang sering terjadi. Diperkirakan sebanyak 1 dari 4 pasien diabetes akan pernah mengalami ulkus diabetes dalam hidupnya. Ulkus diabetes terjadi sebagai akibat dari kompikasi neuropati, microangiopati dan macroangiopati.

Ulkus diabetes adalah salah satu komplikasi diabetes yang sering terjadi. Diperkirakan sebanyak 1 dari 4 pasien diabetes akan pernah mengalami ulkus diabetes dalam hidupnya. Ulkus diabetes terjadi sebagai akibat dari kompikasi neuropati, mikroangiopati, dan makroangiopati.

Sebagai pengobatan ulkus diabetes perlu kombinasi antara pengobatan sistemik, perawatan luka, nutrisi dan suplementasi. Salah satu suplementasi yang diduga dapat bermanfaat untuk membantu penyembuhan ulkus diabetes adalah zinc. Zinc adalah mikronutrien yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh karena menjadi kofaktor pada berbagai enzim.
 
Studi yang dilakukan oleh dr. Momen-Heravi dan tim dari Iran melakukan sebuah uji klinik yang diterbitkan di Jurnal Wound Repair Regeneration tahun 2017. Studi ini melibatkan  sebanyak 60 pasien dengan ulkus diabetes grade 3 yang secara acak mendapatkan perawatan luka standar + suplementasi oral zinc sulfate 220 mg / hari atau plasebo selama 12 minggu.

Dari hasil intervensi tersebut menunjukkab bahwa suplementasi zinc memberikan manfaat secara bermakna terhadap perbaikan luas luka ataupun penurunan kadar HbA1c pada pasien dengan ulkus diabetes derajat 3. Dan dari studi tersebut peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi zinc mempercepat penyembuhan luka serta memperbaiki profil HbA1c pasien DM. 

 
Image: Ilustrasi
Referensi:
1. Diabetic Ulcers: Practice Essentials, Pathophysiology, Etiology. 2017 Mar 27 [cited 2017 Apr 26]; Available from: http://emedicine.medscape.com/article/460282-overview
2. Momen-Heravi M, Barahimi E, Razzaghi R, Bahmani F, Gilasi H, Asemi Z. The effects of zinc supplementation on wound healing and metabolic status in patients with diabetic foot ulcer: A randomized, double-blind, placebo-controlled trial. Wound Repair Regen Off Publ Wound Heal Soc Eur Tissue Repair Soc. 2017 Apr 10;

 

Share this article
Related Articles
Metformin Menurunkan Mortalitas dan Morbiditas Diabetes Mellitus Usia Lanjut.
Pande Dharma Pathni | 20 Nov 2018
Suplementasi Zinc Membantu Penyembuhan Ulkus Diabetes
nugroho nitiyoso | 27 Nov 2018
Kombinasi Laktoferin, Vitamin E dan Zinc Meringankan Keluhan Acne Vulgaris
Admin | 28 Nov 2018
Trastuzumab plus Docetaxel untuk Karsinoma Saluran Saliva HER2 Positif
dr. Hastarita Lawrenti | 13 Dec 2018
Manfaat Penggunaan Zinc pada Jerawat
Admin | 15 Jan 2019
Metformin Mempengaruhi Komposisi Mikrobiota Saluran Cerna
Dokter Kalbemed | 28 Jan 2019
Efikasi Asam Traneksamat Topikal dan Injeksi pada Melasma
dr. Angeline Fanardy | 21 Feb 2019
Perbandingan Preparat Besi Sukrosa Injeksi dengan Besi Fumarat per Oral pada Wanita Hamil dengan Anemia
Laurencia Ardi | 28 Feb 2019
Pasien DM Tipe 2 Mempunyai Kadar Vitamin C Rendah
Esther Kristiningrum | 03 Mar 2019
Insulin Oral, Mungkinkah Kembali Dikembangkan?
Dokter Kalbemed | 05 Mar 2019