Detail Article
Vitamin B, Ini Salah Satu Akibatnya Jika Kekurangan
Esther Kristiningrum
Jun 18
Share this article
img-Madu1.jpg
Updated 05/Agt/2022 .

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling sering pada wanita di seluruh dunia. Studi eksperimental telah menunjukkan efek protektif mikronutrien dalam metabolisme satu karbon, seperti vitamin B (folate, thiamine, riboflavin, niacin, pantothenic acid, pyridoxine, cobalamin) pada kanker payudara, terutama melalui mekanisme genetik dan epigenetik.

Metabolisme satu karbon merupakan jaringan jalur biokimia yang memberikan gugus methyl. Gangguan metabolisme ini dapat memicu karsinogenesis dengan mempengaruhi replikasi DNA, perbaikan DNA, atau regulasi ekspresi gen.


Suatu studi prospektif telah dilakukan untuk meneliti kaitan antara asupan vitamin B (makanan, suplemental, total) dan risiko kanker payudara, yang melibatkan 27.853 wanita berusia ≥45 tahun dari NutriNet-Santé cohort (2009-2016), dengan median waktu follow up 4,2 tahun.


Hasilnya menunjukkan bahwa asupan pyridoxine berkaitan terbalik dengan risiko kaker payudara. Asupan thiamin total juga berkaitan terbalik dengan risiko kanker payudara (p=0,05). Ditemukan interaksi yang bermakna secara statistik antara konsumsi alkohol dan asupan supplemental vitamin B (thiamin, riboflavin, niacin, pantothenic acid, pyridoxine, folate, dan cobalamin). Asupan vitamin B berkaitan terbalik dengan risiko kanker payudara pada bukan peminum alkohol atau peminum alkohol ringan, tetapi tidak pada peminum alkohol berat.


Hasil studi ini menunjukkan efek protektif pyridoxine dan thiamin terhadap risiko kanker payudara pada wanita usia pertengahan.

Studi sebelumnya pada 20.756 wanita dari Melbourne Collaborative Cohort Studi, juga menunjukkan kaitan terbalik antara risiko kanker payudara dengan asupan riboflavin dan kaitan positif untuk vitamin B12. Dalam studi ini tidak ditemukan interaksi bermakna antara konsumsi alkohol dengan vitamin B.


Image: Ilustrasi

Referensi:

1. Egnell M, Fassier P, Lécuyer L, Zelek L, Vasson MP, Hercberg S et al. B-vitamin intake from diet and supplements and breast cancer risk in middle-aged women: Results from the prospective NutriNet-Santé cohort. Nutrients. 2017;9(5). pii: E488. doi: 10.3390/nu9050488.

2. Bassett JK, Baglietto L, Hodge AM, Severi G, Hopper JL, English DR et al. Dietary intake of B vitamins and methionine and breast cancer risk. Cancer Causes Control. 2013;24(8):1555-63. doi: 10.1007/s10552-013-0232-y. 

 

Share this article
Related Articles