Detail Article
Efektivitas Triamcinolone Acetonide dan Triamcinolone Hexacetonide pada Juvenile Idiopathic Arthritis, Ini Perbandingannya
dr. Meilisa Tiffani
Jul 13
Share this article
e85407f2648266506e58b396e12822d0.jpg
Updated 12/Jul/2022 .

American College of Rheumatology (ACR) merekomendasikan pemberian intra – articular corticosteroid joint injection (IAJI) sebagai salah satu terapi pada juvenile idiopathic arthritis (JIA). Beberapa sediaan IAJI tersedia dengan efektivitas dan durasi yang berbeda berdasarkan farmakologinya.


Penggunaan IAJI terbanyak adalah triamcinolone acetonide (TA) dan triamcinolone hexacetonide (TH). Hasil dari beberapa studi menyebutkan TH lebih superior dibandingkan TA dalam hal masa kerja yang lebih panjang. Namun, TA masih banyak digunakan pada pediatric rheumatology center. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan efektivitas jangka pendek dan panjang TA dibanding TH untuk pasien JIA sesuai dosis yang dianjurkan, yaitu:



Hasil yang didapatkan adalah efektivitas jangka pendek triamcinolone hexacetonide dan triamcinolone acetonide sama pada follow up 1 bulan setelah injeksi (p = 0,232). Namun, pada follow up 3 bulan setelah injeksi, angka kekambuhan lebih tinggi pada triamcinolone acetonide, sehingga efektivitas jangka panjang triamcinolone hexacetonide lebih baik pada TA (p = 0,018). Selain itu, didapatkan dosis triamcinolone hexacetonide 20 mg setara dengan triamcinolone acetonide 40 mg.


Kesimpulan:

Hasil didapatkan efektivitas jangka pendek triamcinolone hexacetonide dan triamcinolone acetonide sama, namun efektivitas jangka panjang triamcinolone hexacetonide lebih baik dari pada triamcinolone acetonide. Selain itu, dosis efektivitas triamcinolone hexacetonide 20 mg lebih baik karena setara dengan triamcinolone acetonide 40 mg.

 


Gambar: Ilustrasi

Referensi:

Rubin S, Ohana O, Goldberg O, Peled O, Gendler Y, Habot-Wilner Z, et al. The efficacy and safety of intra-articular injection of triamcinolone acetonide versus triamcinolone hexacetonide for treatment of juvenile idiopathic arthritis. Pediatric Rheumatology. 2022;20(1):5.

Share this article
Related Articles