Detail Article
Injeksi Intra-artikular Crosslinked Hyaluronic Acid Efektif Atasi Nyeri pada Osteoartritis Grade Kellgren-Lawrence 2 dan 3
dr. Meilisa Tiffany
Feb 21
Share this article
e51c4cbe96e7c9b546584f6f072e87b3.jpg
Updated 18/Feb/2022 .

Osteoartritis (OA) adalah gangguan struktur sendi akibat proteolisis yang menyebabkan penurunan aktivitas proteoglikan. Pemberian injeksi intra-artikular hyaluronic acid (HA) adalah salah satu pilihan terapi utama pada OA karena efektif mencegah kerusakan lebih lanjut pada OA dan menangani nyeri.


Saat ini tersedia pilihan terapi injeksi intra-artikular HA dengan dosis pemberian 1x, 3x, dan 5x. Injeksi berulang kali menimbulkan rasa tidak nyaman pada pasien dan meningkatkan frekuensi kunjungan ke rumah sakit, sehingga pilihan injeksi 1x intra-artikular menjadi cukup populer dengan keamanan dan efektifitas yang teruji. Pada penelitian ini, penguji ingin membandingkan efektivitas antara terapi injeksi 1x intra-artikular menggunakan crosslinked hyaluronic acid platform hyaluronan (CHAP-HA) dan terapi injeksi 3x intra-artikular menggunakan linear HA pada pasien OA grade Kellgren-Lawrence (KL) 2 dan 3.

 

Penelitian ini terdiri atas 140 pasien OA (71 pasien dengan CHAP-HA vs 69 pasien dengan linear HA). Hasil yang didapat adalah hingga minggu ke-26 tampak visual analog scale (VAS) nyeri pada grup CHAP-HA secara signifikan berkurang dibandingkan grup linear HA (p<0,05), pada minggu ke-39 dan ke-52 mulai terjadi peningkatan nyeri, namun VAS nyeri pada grup CHAP-HA secara signifikan tetap lebih rendah dari grup linear HA.


Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan injeksi 1x intra-artikular crosslinked hyaluronic acid (CHAP-HA) secara signifikan bermakna mengatasi nyeri pada osteoartritis (OA) grade Kellgren-Lawrence (KL) 2 dan KL 3 dengan efektivitasnya bertahan lebih dari 26 minggu dibandingkan penggunaan injeksi 3x intra-artikular linear HA.

 


Gambar: Ilustrasi

Referensi:

Huang TL, Tsai CH. Safety and efficacy of single CHAP Hyaluronan injection versus three injections of linear hyaluronan in pain relief for knee osteoarthritis: A prospective, 52-week follow-up, randomized, evaluator-blinded study. BMC Musculoskeletal Disorders. 2021;22(1):1–10. 

Share this article
Related Articles