Detail Article
L-Arginine Meningkatkan Efek Radioterapi pada Metastase Tumor Otak
dr. Kupiya
Nov 19
Share this article
7efec1f01f93d98d783cab9d192886f1.jpg
Updated 18/Nov/2021 .

Pretreatment dengan dosis farmakologis L-arginine oral meningkatkan efek terapi radiasi pada pasien dengan metastasis otak yang tidak dapat dioperasi terkait dengan tumor padat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Advances. Hal ini memungkinkan kontrol lokal yang lebih besar dari penyakit dan dapat memberikan cara yang terjangkau untuk mengoptimalkan efek radiasi, atau bahkan perawatan lain, pada tumor primer atau metastasis.

L-arginin, yang biasa digunakan sebagai suplemen untuk disfungsi ereksi atau kurangnya hasrat seksual, adalah substrat dari enzim sintase oksida nitrat, yang menghasilkan oksida nitrat dalam jaringan. Oksida nitrat adalah gas yang telah ditunjukkan, dalam konsentrasi yang relatif tinggi, untuk menginduksi kemoterapi dan radiosensitisasi pada model praklinis dan pada pasien dengan tumor padat.


Studi ini menunjukkan bahwa BM mengekspresikan nitric oxide (NO) sintase 2 dan bahwa pemberian substratnya L-arginine menurunkan laktat tumor pada pasien BM. Dalam uji coba terkontrol plasebo, kami menunjukkan bahwa pemberian L-arginin sebelum setiap fraksi meningkatkan efek radiasi, meningkatkan kontrol BM. Studi dalam model praklinis menunjukkan bahwa radiosensitisasi L-arginin adalah mekanisme yang dimediasi NO sekunder untuk adaptasi metabolik yang diinduksi dalam sel kanker.


Peneliti menunjukkan bahwa penurunan laktat tumor merupakan konsekuensi dari penurunan glikolisis yang juga berdampak pada tingkat ATP dan NAD+. Efek ini dikaitkan dengan penghambatan GAPDH yang bergantung pada NO dan hiperaktivasi PARP pada kerusakan DNA nitrosatif. Perubahan metabolisme ini pada akhirnya mengganggu perbaikan kerusakan DNA yang disebabkan oleh radiasi dalam sel kanker yang mengurangi infiltrasi limfosit pada sel tumor.



Gambar: Ilustrasi (sumber: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/)

Referensi: 

1. Rossella Marullo, Monica Castro, Shira Yomtoubian, M. Nieves Calvo-Vidal, Maria Victoria Revuelta, Jan Krumsiek, Andrew Cho, Pablo Cresta Morgado, Shao Ning Yang, Vanina Medina, Berta M. Roth, Marcelo Bonomi, Kayvan R. Keshari, Vivek Mittal, Alfredo Navigante, Leandro Cerchiett. The metabolic adaptation evoked by arginine enhances the effect of radiation in brain metastases. Internet [Cited 18/11/2021]. Available from: https://www.science.org/doi/10.1126/sciadv.abg1964

2. Matías A. Loewy. L-arginine Enhances Effect of Radiation on Brain Metastases. https://www.medscape.com/viewarticle/963158#vp_1


Share this article
Related Articles