Detail Article
Suplementasi Zinc dapat Mengurangi Kelelahan pada Lanjut Usia, Benarkah?
dr. Della Sulamita
Agt 12
Share this article
63bd52c67044950b4602b1bc6c51f642.jpg
Updated 12/Agt/2021 .

Fatigue atau kelelahan didefinisikan sebagai perasaan ketidakmampuan dan kelemahan yang berpengaruh pada penurunan kapasitas individu dalam melakukan fungsi dan aktivitas. Kelelahan merupakan keluhan yang sering dilaporkan pasien lanjut usia, dan berkontribusi dalam penurunan kekuatan otot, aktivitas fisik, performa motor neuron, dan tingkat produksi hormon steroid yang akan menyebabkan masalah nutrisi seperti defisiensi mikronutrien. 


Vitamin dan mineral merupakan hal yang esensial dalam jalur metabolisme. Pada keadaan defisiensi, akan berdampak pada proses kognitif dan psikologi, sehingga dapat menyebabkan masalah kelelahan fisik dan mental. Sindrom kelelahan kronik berhubungan dengan defisiensi zinc. Zinc merupakan mikronutrien yang memiliki peran penting pada proses perbaikan DNA, proliferasi seluler, regulasi sistem imun, reaksi anti-inflamasi, dan regulasi beberapa enzim lainnya. Konsentrasi serum zinc akan menurun seiring dengan penuaan. Sekitar 35-45% pasien berusia >60 tahun, didapatkan level zinc dibawah normal.

 

Studi randomized clinical trial oleh dr. Afzali dan kolega ingin mengevaluasi efek pemberian suplementasi zinc untuk keluhan kelelahan pada lanjut usia di Iran. Subjek berusia >60 tahun dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok intervensi dengan suplementasi zinc 30 mg per hari yang diberikan 30 menit setelah makan siang, dan kelompok kontrol. Intervensi dilakukan selama 70 hari. Parameter yang diukur adalah level serum zinc sebelum dan setelah intervensi, skor kelelahan sebelum dan setelah intervensi.

 

Hasilnya :

· Ditemukan level serum zinc dibawah normal pada 62,7% dan 48% subjek pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Setelah intervensi, suplementasi zinc secara signifikan menurunkan kejadian defisiensi (20% vs 53,3%, p<0,001) dibandingkan kelompok kontrol.

· Suplementasi zinc secara signifikan menurunkan kelelahan (-10,41 vs 1,37, p<0,001) dibandingkan kelompok kontrol

· Skor kelelahan berkolerasi negatif dengan level serum zinc setelah intervensi (R=-0,24, p=0,002)

 

Kesimpulan studi ini adalah pada lanjut usia dapat direkomendasikan mengonsumsi suplementasi zinc untuk mengatasi fatigue/ kelelahan.


Silakan baca: Hevit Plus, membantu memelihara kesehatan tubuh.

Gambar: Ilustrasi (www.pexels.com)

Referensi:

Afzali A, Goli S, Moravveji A, Bagheri H, Mirhosseini S, Ebrahimi H. The effect of zinc supplementation on fatigue among elderly community dwellers: A parallel clinical trial. Health Sci Rep. 2021;4(2):e301. 

Share this article
Related Articles