Detail Article
COVID-19 varian Delta, Apa Saja Gejalanya?
dr. Nugroho Nitiyoso
Jul 26
Share this article
cbc9a9db475c53f6c902290593f4cff8.jpg
Updated 29/Jul/2021 .

COVID-19 varian Delta atau B.1617.2 yang pertama dilaporkan di India telah menjadi varian virus penyebab COVID-19 yang dominan terjadi di banyak negara. Selain lebih mudah menular, varian ini terindikasi menghasilkan gejala yang sedikit berbeda dengan COVID-19 strain Wuhan.


ZOE COVID Study App adalah penelitian berbasis aplikasi di Inggris di mana para pasien COVID-19 melaporkan gejala yang dialami ke dalam aplikasi tersebut. Diketahui, di Inggris 90% dari kasus baru COVID-19 disebabkan oleh varian Delta.

 

Bulan Juni 2021 ZOE COVID Study App melaporkan bahwa pada pasien COVID-19 varian Delta yang telah 2 kali vaksin mengalami gejala yang menyerupai common cold antara lain sakit kepala, hidung berair, bersin, dan nyeri tenggorokan. Uniknya, 3 gejala utama yang banyak dilaporkan pada pasien COVID-19 strain Wuhan, yaitu batuk persisten, sesak napas, dan demam menjadi relatif lebih jarang dilaporkan.

 

ZOE COVID Study App juga melaporkan bahwa pada pasien COVID-19 varian Delta yang belum divaksin mengalami gejala sakit kepala, nyeri tenggorokan, hidung berair, demam, dan batuk persisten.

 

Implikasi penelitian ini adalah apabila kita mengalami sakit gejala ringan menyerupai common cold, misalnya hanya hidung berair atau bersin dan sakit kepala, kita tidak bisa meremehkan karena mungkin saja merupakan gejala COVID-19 varian Delta.

 

Dapat disimpulkan dari hal ini bahwa pasien COVID-19 varian Delta banyak mengalami gejala ringan seperti hidung berair, bersin, sakit kepala, nyeri tenggorokan, sehingga kita perlu waspada bila kita mengalami gejala tersebut.


Simak video KalbeMed News - Apa saja Gejala COVID-19 varian Delta?

Gambar : Ilustrasi 

Referensi:

What are the new top 5 COVID symptoms? [Internet]. [cited 2021 Jul 1]. Available from: https://covid.joinzoe.com/post/new-top-5-covid-symptoms

Share this article
Related Articles