Detail Article
Mencegah Epidemi Demam Berdarah Di Tengah Pandemi Covid-19
Kalbemed Admin
Nov 30
Share this article
67358bb8da2aba4934323d56e04c064a.jpg
Updated 01/Des/2020 .

Pandemi COVID-19 memberi tekanan besar pada perawatan kesehatan dan sistem kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Selain jumlah kematian terkait COVID-19 dan meningkatnya permintaan akan perawatan intensif, pandemi ini berdampak besar pada hasil kesehatan dari penyakit lain pada saat sumber daya dan personel dialihkan ke COVID-19. Tantangan ini menjadi perhatian khusus bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. 


Pada tahap awal, DBD dan COVID-19 sulit dibedakan karena memiliki ciri klinis dan laboratorium yang serupa sejak dini. Keduanya sering kali muncul sebagai demam yang tidak dapat dibedakan dengan tanda dan gejala yang tidak spesifik; parameter laboratorium hampir sama termasuk limfopenia, leukopenia, trombositopenia, dan peningkatan transaminase. Misdiagnosis COVID-19 sebagai demam berdarah dengan kegagalan untuk mengisolasi pasien tersebut akan memicu wabah dalam pengaturan perawatan kesehatan dan seterusnya. Gagal mengenali demam berdarah dan membakukan hidrasi tepat waktu dapat menyebabkan kematian terkait demam berdarah yang sebetulnya dapat dicegah. Kesadaran yang tinggi terhadap demam berdarah dan penerapan tes virologi untuk membedakan demam berdarah dari COVID-19 menjadi prioritas dalam sistem perawatan kesehatan di seluruh daerah tropis dan subtropis. Pada saat yang sama, tindakan perlindungan pribadi yang bersifat universal perlu diterapkan setiap saat untuk mencegah penularan SARS-CoV-2 yang tidak disengaja di pusat perawatan kesehatan. Meskipun untuk COVID-19 derajat berat tampaknya didominasi oleh orang tua, sedangkan demam berdarah mempengaruhi lebih banyak anak-anak dan dewasa muda di sebagian besar negara endemik demam berdarah, demam berdarah juga muncul menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada orang tua di beberapa tempat. seperti Singapura dan Taiwan. Algoritma triase yang rinci dan ketat untuk membedakan penyakit harus diikuti. Ko-infeksi dengan kedua virus dimungkinkan dan perlu disingkirkan.


Meskipun staf kesehatan masyarakat di banyak negara saat ini dialihkan ke tanggapan COVID-19, sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan tindakan pengendalian nyamuk selama pandemi. Untuk negara-negara di mana pemerintah telah memberlakukan "lockdown", izin khusus harus dilakukan strategi pengendalian vektor. Tim pengontrol vektor yang menargetkan lokasi perkembangbiakan nyamuk harus mematuhi langkah-langkah jarak sosial dan mengenakan alat pelindung diri (APD) jika memasuki rumah untuk penyemprotan insektisida dalam ruangan. Memakai APD di iklim panas dan lembab tidak praktis. Komunitas internasional perlu mengembangkan pendekatan APD baru yang lebih cocok untuk iklim seperti itu.


Tim yang melakukan penyemprotan dalam ruangan di tingkat rumah tangga dapat menggabungkan kegiatan ini dengan deteksi kasus aktif COVID-19. Pesan kesehatan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap tindakan kesehatan masyarakat COVID-19 harus dikombinasikan dengan pesan untuk meningkatkan partisipasi rumah tangga dan masyarakat dalam tindakan pengendalian vektor.


Pada saat lockdown ketika masyarakat disuruh tinggal di rumah, partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengendalian nyamuk harus diperkuat. Penularan demam berdarah di dalam dan sekitar rumah dianggap sebagai faktor pendorong berjangkitnya demam berdarah. Warga harus diingatkan tentang siklus hidup nyamuk, termasuk fase akuatik 6–10 hari, dan didorong untuk bekerja sama di dalam dan di sekitar rumah mereka untuk menghilangkan genangan air, mengurangi limbah padat dan plastik yang dipenuhi hujan, dan memastikan penutup yang tepat dari semua wadah penyimpanan air. Penerapan target penyemprotan dalam ruangan harus diarahkan secara selektif ke tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, seperti di bawah furnitur dan di permukaan gelap. Tindakan pencegahan harus diambil untuk tidak mengasapi tangki penyimpanan air minum. Mengatasi tempat berkembang biak di rumah bisa menjadi kegiatan keluarga mingguan yang harus dipertahankan bahkan setelah lockdown dicabut. Anggota yang rentan dalam rumah tangga seperti orang tua, wanita hamil, bayi, dan mereka dengan kondisi medis yang berisiko harus didorong untuk menggunakan penolak serangga untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk. Strategi inovatif baru dapat dikembangkan; misalnya, menggabungkan pembersih tangan melawan COVID-19 dengan penolak serangga terhadap vektor penyakit arboviral.


Penelitian telah menunjukkan bahwa bangunan dan lokasi di luar rumah tangga dapat meningkatkan risiko perkembangbiakan nyamuk. Pengendalian juga harus dilakukan area di luar rumah tangga, hal ini terutama berlaku untuk sekolah, rumah kosong, dan lokasi konstruksi dsb. Perlu tetap adanya pengendalian vektor di area-area tersebut bahkan selama masa lockdown untuk mencegah wabah demam berdarah ketika anak-anak kembali ke sekolah setelah "lockdown". Pembersihan rutin dan pengasapan perlu dilakukan di lokasi konstruksi dan kuburan bahkan ketika pekerjaan rutin dihentikan karena "lockdown".


Singkatnya, kebangkitan demam berdarah dan penyakit arboviral lainnya adalah ancaman nyata selama pandemi COVID-19 karena mereka menambah beban terhadap sistem perawatan kesehatan yang sudah rapuh. Periode "lockdown" harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan tindakan pengendalian vektor di tingkat rumah tangga. Di tingkat komunitas, pesan kesehatan publik dan keterlibatan komunitas harus mencakup kedua penyakit tersebut. Di tingkat nasional dan global, tindakan pengendalian vektor yang efektif harus dipertahankan.


Silakan baca juga: Trolit, berisi monascus purpureus, ekstrak Psidii folium, elektrolit, vitamin B kompleks, dan mineral seng (Zn)

Image: Ilustrasi (sumber: http://entnemdept.ufl.edu/creatures/aquatic/aedes_aegypti.htm)

Referensi: Annelies Wilder-Smith, Hasitha Tissera, Eng Eong Ooi, Josefina Coloma, Thomas W. Scott, Duane J. Gubler. Preventing Dengue Epidemics during the COVID-19 Pandemic. The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, Volume 103, Issue 2, 5 Aug 2020, p. 570 - 1. DOI: https://doi.org/10.4269/ajtmh.20-0480

Share this article
Related Articles