Detail Article
Bagaimana Peran Vaksin Influenza dalam Melindungi Jamaah Haji?
dr. Reza Adrian
Feb 13
Share this article
e969411b6d8a0ec0370634dce0979397.png
Updated 01/Mar/2024 .

Penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan pneumonia mendominasi kasus kesehatan yang terjadi pada jemaah haji Indonesia di Arab Saudi pada tahun 2023. Di tengah meningkatnya penyakit pernapasan global, termasuk influenza, COVID-19, dan lainnya, vaksinasi influenza musiman direkomendasikan oleh otoritas kesehatan global sebagai strategi pencegahan. Artikel ini membahas manfaat vaksin Influenza, khususnya vaksin kuadrivalen, dalam melindungi jemaah haji dari risiko penyakit pernapasan berat.

Kesehatan jemaah haji merupakan prioritas utama selama penyelenggaraan ibadah haji, terutama mengingat kerumunan besar di lokasi-lokasi suci dapat memudahkan penyebaran penyakit infeksi saluran napas. Virus Influenza dapat menyebar dengan mudah di kerumunan dan bisa menyebabkan terganggunya ibadah Jemaah Haji untuk itu diperlukan strategi pencegahan yang efektif menjadi sangat penting salah satunya adalah vaksinasi.


Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan pada Jamaah Haji

Data dari Halaman Sosial Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa ISPA dan pneumonia mendominasi kasus kesehatan di kalangan jemaah haji Indonesia pada tahun 2023, dengan Kasus ISPA sampai 80.942 kasus. Sedangkan untuk data dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia didapatkan 244 kasus pneumonia dan berdasarkan data di Rumah Sakit Arab Saudi didapatkan 284 kasus rujukan yang ditangani karena pneumonia. Pada studi tahun 2003, pada 500 pasien Jemaah Haji, dengan estimasi total 24,000 kasus Influenza, 56% kasus disebabkan oleh virus Influenza. Menurut CDC, terjadi peningkatan penyakit pernapasan secara global, sehingga diperlukan vaksinasi dan tindakan pencegahan lain.


Rekomendasi Vaksinasi Influenza

CDC, WHO, dan Departemen Kesehatan Kerajaan Arab Saudi merekomendasikan vaksinasi influenza musiman untuk semua pengunjung Umrah dan Haji, serta pekerja di area Haji. Rekomendasi ini didasarkan pada bukti yang menunjukkan efektivitas vaksinasi dalam mengurangi risiko terinfeksi dan severitas penyakit apabila terinfeksi.


Manfaat Vaksinasi Influenza

Studi pada tahun 2023 menunjukkan bahwa vaksinasi influenza dapat mengurangi risiko rawat inap karena influenza hingga 52%. Sesuai rekomendasi WHO, vaksin Influenza Kuadrivalen memberikan perlindungan terhadap empat strain virus, menawarkan keuntungan dalam respons kekebalan dan perlindungan lebih luas dibandingkan dengan formulasi trivalen. Vaksin Influenza Kuadrivalen mencakup seluruh strain Influenza A (H1N1 dan H3N2) serta Influenza B (Yamagata dan Victoria) memberikan perlindungan lebih baik. Implementasi rekomendasi vaksinasi influenza secara global, bersamaan dengan penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, dapat secara signifikan mengurangi beban penyakit pernapasan di kalangan jemaah haji.


Kesimpulan:

Kasus infeksi saluran pernapasan merupakan kasus kesehatan yang banyak terjadi pada jemaah haji Indonesia di Arab Saudi pada tahun 2023, salah satunya banyak disebabkan karena virus influenza. Vaksinasi influenza memainkan peran penting dalam strategi pencegahan penyakit pada jemaah haji, terutama dalam menghadapi berbagai penyakit pernapasan yang meningkat secara global. Dengan mendukung implementasi vaksin influenza kuadrivalen dan mengikuti rekomendasi otoritas kesehatan global, dapat diharapkan penurunan signifikan dalam insiden dan severitas penyakit pernapasan di kalangan jemaah haji, memastikan ibadah yang lebih aman dan sehat di tahun 2024.


Gambar: ilustrasi (Dokumentasi pribadi)


Referensi:

1. Halaman Media Sosial (Instagram) Pusat Kesehatan Haji Kemkes

2. Travel Med Infect Dis. 2016 March-April; 14(2): 92–109.

3. Balkhy et al. Journal of Travel Medicine, Volume 11, Issue 2, 1 March 2004, Pages 82–86

4. Centers for Disease Control and Prevention. Travelers' Health. Retrieved from https://wwwnc.cdc.gov/travel/

5. Ministry of Health, Saudi Arabia. Health Regulations for Pilgrims. Retrieved from https://www.moh.gov.sa/en/HealthAwareness/Pilgrims_Health/Documents/Health-Regulations-En.pdf

6. Ambrose C, Levin MJ, The rationale for quadrivalent influenza vaccinesHum Vacc & Immunother 2012: 8(1) 81‐88

7. Barr IG, et al, The Coming Era of Quadrivalent Human Influenza VaccinesDrugs 2012; 72(17)1‐9

8. World Health Organization. (2024). Recommended Composition of Influenza Virus Vaccines for Use in the 2024 Southern Hemisphere Influenza Season. Retrieved from https://www.who.int/publications/m/item/recommended-composition-of-influenza-virus-vaccines-for-use-in-the-2024-southern-hemisphere-influenza-season

9. Pépin S, et al. Vaccine 2013;31(47):5572

10. Fowlkes AL, Nogareda F, Regan A, et al. Interim Effectiveness Estimates of 2023 Southern Hemisphere Influenza Vaccines in Preventing Influenza-Associated Hospitalizations — REVELAC–i Network, March–July 2023. MMWR Morb Mortal Wkly Rep 2023;72:1010–1015. DOI: http://dx.doi.org/10.15585/mmwr.mm7237e1


Share this article
Related Articles