Detail Article

ARB vs ACEI, Efektivitas Sebanding dengan Risiko Efek Samping Lebih Rendah

dr. Lyon Clement
Apr 14
Share this article
1e7968f7fc9fef4a81d37827a28f533f.jpg
Updated 14/Apr/2022 .

Efikasi ARB sebanding dengan ACEI, namun lebih rendah dari segi risiko efek samping, penelitian ini merekomendasikan terapi inisial untuk hipertensi dengan ARB dibandingkan ACEI bagi dokter yang mempertimbangkan penggunaan antihipertensi yang bekerja pada jalur sistem RAA. Hal ini merupakan hasil dari studi yang dilakukan RuiJun Chen dari Department of Biomedical Informatics, Columbia University Irving Medical Center, New York dan kolega dan telah dipublikasikan dalam jurnal Hypertension 2021.

Studi tersebut merupakan studi kohort multinasional yang mengikutsertakan semua pasien dengan hipertensi yang mendapatkan monoterapi ACEI atau ARB dari tahun 1996 hingga 2018 yang berasal dari 8 database dari Amerika Serikat, Jerman, dan Korea Selatan. Dari 8 database tersebut, terdapat 2.297.881 pasien yang mendapatkan monoterapi ACEI dan 673.938 pasien yang mendapatkan terapi ARB. 


Parameter yang diukur dalam penelitian ini, antara lain empat parameter merupakan parameter primer yang berhubungan dengan efektivitas, antara lain kejadian infark miokard, gagal jantung, stroke, dan kejadian gabungan dari ketiga parameter tersebut. Sementara itu, 55 parameter lainnya merupakan parameter sekunder yang berhubungan dengan profil keamanan, yaitu perbandingan kejadian efek samping antara kedua kelompok terapi. 


Berdasarkan analisis pada ke-empat parameter primer, tidak terdapat perbedaan signifikan antara pasien yang mendapatkan ACEI dibandingkan ARB. Namun, ACEI secara signifikan meningkatkan risiko pankreatitis akut, angioedema, batuk, perdarahan saluran cerna, dan penurunan berat badan yang abnormal dibandingkan ARB. ACEI hanya berhubungan dengan risiko peningkatan berat badan abnormal yang lebih rendah dibandingkan ARB. 



Gambar: Ilustrasi (sumber:by jcomp - www.freepik.com) 

Referensi: Chen R, Suchard MA, Krumholz HM, Schuemie MJ, Shea S, Duke J, et al. Comparative first-line effectiveness and safety of ACE (Angiotensin-Converting Enzyme) inhibitors and Angiotensin Receptor Blockers a multinational cohort study. Hypertension. 2021; 78: 591–603. DOI: 10.1161/HYPERTENSIONAHA.120.16667

Share this article
Related Articles