Toksin Botulinum untuk Pasien dengan Neuralgia Post-herpetic selama Kehamilan, Benarkah Efektif?
Tuesday, April 23, 2019

Toksin Botulinum untuk Pasien dengan Neuralgia Post-herpetic selama Kehamilan, Benarkah Efektif?

Kejadian herpes zoster pada kehamilan sangat jarang terjadi. Insidens kejadiannya adalah 1 banding 20.000 kehamilan. Terapi yang biasa diberikan adalah obat antiepilepsi, antidepresan, dan berbagai terapi operasi intervensi lainnya. Penggunaan acyclovir selama fase erupsi herpetic juga menurunkan risiko PHN (postherpetic neuralgia), namun penggunaanya pada kehamilan tidak direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control and Prevention).

Laporan kasus menggunakan injeksi toksin botulinum tipe A (BTXA) memberikan hasil yang baik pada risiko terjadinya PHN. Suntikan BTXA diberikan pada dua wanita hamil usia 36 dan 38 tahun yang mengalami herpes zoster pada usia kehamilan 28 dan 32 minggu. Penyuntikan BTXA yang digunakan adalah jenis abobotulinum sebanyak 500 IU yang didilusi menggunakan 5 mL larutan saline sehingga mencapai konsentrasi 100 IU/ml. Penyuntikan menggunakan syringe insulin yang diinjeksikan secara subkutan pada daerah yang mengalami erupsi. Pada kedua pasien tidak diberikan acyclovir dan hanya diterapi secara simptomatik. Hasilnya, nyeri bertahan hingga 4 minggu walaupun sudah diberikan obat anti nyeri dan terapi antiepilepsi.

Efikasi BTXA dinilai menggunakan visual analog scale pada minggu ke-1, 2, 4, 8, 12, dan 16 minggu dan memberikan perbaikan. Setelah pemberian pun, kedua wanita tersebut melahirkan bayi dengan kondisi normal dan tumbuh dengan normal.

Kesimpulan: BTXA dapat digunakan sebagai alternatif terapi pada pasien dengan neuralgia herpetic pada kehamilan.

 

Image : Ilustrasi

Referensi:

1. Weinberg JM. Herpes zoster: Epidemiology, natural history and common complications. Jr Acad Dermatol. 2007;57:130-5.

2. Kost RG, Streauss SE, Wood AJ. Post herpetic neuralgia pathogenesis, treatment, and prevention: A review article. N Engl J Med 1996;4:32-40.

3. Bodkin CL, Maurer KB, Wszolek ZK. Botulinum toxin type A therapy during pregnancy. Mov Disord 2005;20:1081-2.

4. Jain S, S TamerK, Hiran S, Dwivedi MD. Cosmetic effect of Botulinum Toxin in focal hyperhydrosis. AIAN 2005;8:45-7.

Please login or register to post comments.