Suplementasi Vitamin D prenatal, Mengurangi Risiko Asma Anak
Friday, January 11, 2019

Suplementasi Vitamin D prenatal, Mengurangi Risiko Asma Anak

Vitamin D adalah vitamin larut lemak yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia. Meskipun tubuh manusia secara alami mampu untuk memproduksi vitamin D, akan tetapi pada ibu hamil seringkali mengalami kekurangan vitamin D.

Banyak fungsi vitamin D dalam tubuh diantaranya: merangsang proses remodeling tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, meningkatkan daya tahan terhadap infeksi dan regulator sistem imun. Studi terbaru menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D pada masa kehamilan akan menurunkan risiko kejadian asma pada anak yang dilahirkannya.

Studi yang salah satunya dilakukan oleh Dr. Wolsk dan tim dari Norwegia ini melibatkan responden yang cukup banyak yaitu sebesar 806 sukarelawan untuk studi  VDAART dan 806 untuk studi COPSAC2010. Subjek secara acak diberikan suplementasi vitamin D 2400 - 4000 IU/ hari atau placebo.

Studi yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Plos One tahun 2017 ini, didapatkan bahwa secara bermakna terdapat pernurunan risiko asma sebesar 25% pada anak apabila ibu hamil menkonsumsi suplementasi vitamin D selama masa kehamilan. 


Image: Ilustrasi
Referensi: Wolsk HM, Chawes BL, Litonjua AA, Hollis BW, Waage J, Stokholm J, et al. Prenatal vitamin D supplementation reduces risk of asthma/recurrent wheeze in early childhood: A combined analysis of two randomized controlled trials. PloS One. 2017;12(10):e0186657.

 

Please login or register to post comments.