Detail Article
Kombinasi Mecobalamin dan Vitamin E Efektif dalam Tata Laksana Sariawan Berulang
dr. Allen
Jul 06
Share this article
e28588930f7beb3fdbf0627154b8b157.jpg
Updated 06/Jul/2022 .

Sariawan berulang, juga dikenal sebagai stomatitis aftosa rekuren, adalah kondisi ulseratif inflamasi yang paling umum terjadi pada mukosa mulut. Sariawan mempengaruhi sekitar 25% dari populasi umum, dengan tingkat kekambuhan setelah 3 bulan hingga 50%. Etiopatogenesis gangguan ini terus sulit dipahami dan seringkali multifaktorial. Karena serangan berulang, perjalanan penyakit dapat berlangsung selama beberapa tahun, menyebabkan rasa sakit, mempengaruhi kualitas hidup (quality of life, QoL). Jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu lama, kondisi tersebut dapat berubah menjadi keganasan.


Mecobalamin (vitamin B12) adalah vitamin yang larut dalam air, memainkan peran penting dalam pembentukan sel punca hematopoietik dan telah dikaitkan dengan terapi penyakit mukosa mulut, terutama stomatitis aftosa rekuren (SAR). Mecobalamin dianggap sebagai pengobatan potensial untuk sariawan karena memiliki peran dalam meregenerasi jaringan mukosa mulut, serta efektif dapat meningkatkan mikrosirkulasi lokal, mendorong pertumbuhan dan perbaikan jaringan baru lokal, dan meningkatkan penyembuhan  maag.

 

Vitamin E merupakan vitamin larut lemak yang dapat menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori dan mengurangi kekambuhan ulkus setelah penyembuhan. Enzim Fe-kompleks adalah obat umum yang juga digunakan untuk pengobatan maag. Untuk menilai efikasi mecobalamin yang dikombinasikan dengan vitamin E pada pasien dengan ulkus mulut berulang, maka dilakukan sebuah penelitian.

 

Penelitian melibatkan 58 pasien dengan ulkus mulut berulang. Pasien dibagi menjadi kelompok uji (mecobalamin 500mcg + kapsul lunak vitamin E 200mg) dan kelompok kontrol (kumur kompleks fe saja), dengan masing-masing terdiri dari 29 pasien. Durasi pengobatan 30 hari. Penelitian ini menilai rata-rata waktu remisi, rata- rata waktu penyembuhan ulkus, tingkat nyeri (menggunakan visual analog scale/VAS), efektivitas pengobatan, dan QoL.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada status ulkus, skor nyeri VAS, tingkat efektivitas keseluruhan, dan kualitas hidup pada kelompok uji (p < 0,05).


Pada penelitian ini, kejadian tidak diinginkan yang terjadi pada kelompok uji tidak berbeda secara signifikan dengan kelompok kontrol. Data ini menunjukkan bahwa kombinasi tablet mecobalamin dan kapsul lunak vitamin E dalam pengobatan pasien dengan ulkus mulut berulang dapat ditoleransi dengan baik.

 

Dapat disimpulkan bahwa kombinasi tablet mecobalamin dan vitamin E dapat menangani nyeri lebih efektif, penyembuhan ulkus, dan peningkatan kualitas hidup pasien. Mecobalamin dan vitamin E dapat digunakan sebagai pengobatan ulkus mulut berulang. Kombinasi mecobalamin dan vitamin E dapat digunakan sebagai terapi tambahan yang menawarkan kontrol nyeri yang efektif dan meningkatkan kualitas hidup pada pasien dengan sariawan.

 


Gambar: Ilustrasi (Foto oleh Racool-Freepik)

Referensi :

1. Cui J, Lin W, Ma X, Wang J. Clinical evaluation and therapeutic effects of combination treatment with mecobalamin + vitamin E in recurrent oral ulcer. Clinical Therapeutics 2022;44(1):123-9.

2. Taleb R, Hafez B, Kassir NE, Achkar HE, Mourad M. Role of vitamin B12 in treating recurrent aphthous stomatitis: A review. International Journal for Vitamin and Nutrition Research. 2020 Oct: 1-8.



Share this article
Related Articles