Detail Article
Propofol Menurunkan Kejadian Perpanjangan Interval QT Pasien Transplantasi Hati
dr. Laurencia Ardi
Jun 13
Share this article
f342aa29d42bdff23caae7e2120a7765.jpg
Updated 05/Jul/2022 .

Cirrhotic cardiomyopathy dikarakteristikkan dengan adanya hipertrofi ventrikuler, disfungsi diastolik, sirkulasi hiperdinamik, dan kelainan repolarisasi termasuk pemanjangan interval T. Pemanjangan interval QT dapat menyebabkan aritmia ventrikuler seperti torsade de pointes dan henti jantung mendadak, yang kemungkinan dapat terjadi pada saat transplantasi liver. Denyut jantung yang tepengaruh oleh pemanjangan interval QT ditandai dengan bradikardi yang panjang dan takikardi yang pendek. 


Desflurane yang merupakan anestesi inhalasi sering digunakan selama transplantasi liver, akan tetapi desflurane sering menyebabkan terjadinya pemanjangan QT. Sementara itu, efek penggunaan total intravenous anesthesia (TIVA) dengan propofol apakah dapat menyebabkan pemanjangan interval QT masih kontroversial. 


Berikut suatu penelitian yang bertujuan untuk membandingkan efek dari 2 metode anestesia (anestesi inhalasi dengan desflurane vs propofol sebagai TIVA) terhadap interval QT selama transplantasi liver berlangsung. Metodenya adalah dengan mengumpulkan subjek sebanyak 120 pasien yang akan menjalani tranplantasi liver kemudian dibagi menjadi 2 kelompok secara acak, yaitu kelompok desflurane (n=60) dan kelompok propofol (n=60). Parameter primer yang dinilai adalah perubahan interval QT intraoperatif. Parameter lainnya adalah perubahan EKG, hemodinamik dan outcome subjek. 


Hasilnya menunjukkan pada kedua kelompok mengalami pemanjangan interval QT inttraoperatif, namun perubahan lebih kecil pada kelompok propofol dibandingkan dengan kelompok desflurane (p<0,001). Lebih banyak pasien yang mempunyai nilai QT > 5000 ms pada kelompok desflurane dibandingkan kelompok propofol (63,3% vs 28,3%, p<0,001). Pada preoperative juga lebih banyak pasien yang mengalami pemanjangan QT pada kelompok desflurane dibandingkan dengan kelompok propofol (p<0,001). Penggunaan norepinephrine dan vasopressin intraoperative lebih tinggi pada kelompok desflurane dibandingkan dengan kelompok propofol. 



Gambar: Ilustrasi (sumber:https://www.asahq.org/)

Referensi: Kim SH, Lee J, Ju HM, Choi S, Yang H, Koo B. Propofol prevents further prolongation of QT interval during liver transplantation. Scientific Reports.2022;12:4636. doi.org/10.1038/s41598-022-08592-4.

Share this article
Related Articles