Detail Article
ALA 400-800 mg sebagai Analgesik Alternatif pada Pasien dengan Etiologi Nyeri yang Tidak Diketahui
Dr. Lupita
Des 22
Share this article
6ef0af574bed92b95947b6a8f31069d5.png
Updated 22/Des/2021 .

Menurut IASP (International Association for the Study of Pain), nyeri berkaitan dengan kerusakan jaringan lokal atau sistem saraf. Tapi, di sisi lain, ada rasa sakit dengan etiologi yang tidak diketahui, tidak ada peradangan yang terdeteksi, tidak ada kerusakan jaringan atau sistem saraf, dan tidak ada stimulus berbahaya yang dapat diidentifikasi. Nyeri ini disebut nyeri idiopatik. Nyeri ini terjadi pada pasien dengan nyeri neuropatik primitif, artralgia dengan etiologi yang tidak diketahui, dan mialgia idiopatik. 64% pasien tidak merasakan pereda nyeri yang memadai dalam terapi nyeri dengan NSAID atau obat analgesik lainnya. 48% dari mereka menderita sakit kronis dan tidak minum obat pereda nyeri karena efek sampingnya.

Seperti yang kita ketahui, proses inflamasi dan stres oksidatif yang tinggi pada sistem saraf, menginduksi modulasi nyeri yang mungkin berhubungan dengan nyeri idiopatik. Untuk mengurangi modulasi nyeri dalam pengobatan nyeri, ALA (Alpha Lipoic Acid), sebagai zat endogen yang secara alami ditempatkan dalam tubuh manusia, mampu mengurangi peradangan sistemik yang tidak diketahui, meningkatkan kadar antioksidan dan meregenerasi antioksidan esensial lainnya, serta menghambat T-channel di ganglia akar dorsal untuk mengurangi rangsangan seluler yang bergantung pada saluran-T pada nyeri akut dan kronis.

 

Studi RCT 2021 oleh Esposito C, et al, dilakukan pada 210 pasien dengan nyeri idiopatik (57 pasien dengan nyeri neuropatik primitif, 141 pasien dengan artralgia dengan etiologi yang tidak diketahui, dan 12 pasien dengan mialgia idiopatik) yang tidak mampu atau tidak mau minum obat analgesik, rentang usia antara 18-75 tahun. Kelompok I (G1), 70 pasien diberikan 400 mg ALA oral, dua kali sehari. Kelompok II (G2), 70 pasien diberikan ALA oral 400 mg/hari. Kelompok III (G3), 70 pasien diberikan plasebo. Durasi intervensi adalah selama 2 bulan. Tindak lanjut NRS (Numerical Rating Scale) dan VAS (Visual Analogue Scale) untuk skor nyeri, dilakukan pada akhir intervensi.


Hasil menunjukkan bahwa terdapat penurunan NRS (Numerical Rating Scale) dan VAS (Visual Analogue Scale) yang signifikan pada kelompok ALA 1 (G1) dan 2 (G2), dibandingkan dengan plasebo; dengan nilai p adalah p < 0,001, dan tidak ada efek samping yang signifikan pada ginjal atau hati.


Dalam penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemberian ALA 400-800 mg/hari secara oral, selama 2 bulan, pada 140 pasien dengan nyeri idiopatik dan normoglikemia, secara signifikan meningkatkan NRS (Numerical Rating Scale) dan VAS (Visual Analogue Scale) untuk nyeri. skor, tanpa efek samping yang signifikan pada ginjal atau hati; dengan nilai p adalah p<0,001.



Gambar: Ilustrasi (sumber:https://commonfund.nih.gov/pain)

Referensi: 

1. Esposito C, Garzarella EU, Santarcangelo C, Minno AD, Dacrema M, Sacchi R et al. Safety and efficacy of alpha-lipoic acid oral supplementation in the reduction of pain with unknown etiology: A monocentric, randomized, double-blind, placebo-controlled clinical trial. Biomedicine & Pharmacotherapy. Dec 2021;144:112308.

2. Lee WY, Orestes P, Latham J, Naik AK, Nelson MT, Vitko I et al. Molecular mechanisms of lipoic acid modulation of t-type calcium channels in pain pathway. The Journal of Neuroscience. July 2009;29(30):9500-9.


Share this article
Related Articles