Detail Article
Hubungan Kadar Vitamin A, E, dan Zinc dengan Keparahan Acne Vulgaris
Dokter Kalbemed
Mar 13
Share this article
img-sayur1.jpg
Updated 22/May/2020 .

Acne, atau yang dikenal dengan istilah jerawat, merupakan penyakit peradangan kelenjar pilosebasea yang biasanya dialami oleh remaja dan dewasa muda. Penyebabnya antara lain produksi minyak berlebih, hiperkeratinisasi folikel, kolonisasi bakteri P. acnes dan peradangan/inflamasi. Didapatkan penurunan kadar vitamin A, vitamin E, dan zinc pada pasien dengan jerawat. ​

Acne, atau yang dikenal dengan istilah jerawat, merupakan penyakit peradangan kelenjar pilosebasea yang biasanya dialami oleh remaja dan dewasa muda. Penyebabnya antara lain produksi minyak berlebih, hiperkeratinisasi folikel, kolonisasi bakteri P. acnes dan peradangan/inflamasi. Vitamin A banyak digunakan sebagai terapi dengan mengukur retinol binding protein. Selain itu, kadar zinc juga sering didapatkan rendah tergantung pada keparahan acne.

Vitamin A merupakan vitamin larut lemak esensial yang bermanfaat untuk penglihatan, pembentukan sel darah, pertumbuhan embrio, sistem imun, dsb. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk integritas dan diferensiasi kulit. Vitamin E dikenal bermanfaat untuk membran biologis dari radikal bebas. Radikal bebas diproduksi ketika tubuh terpajan faktor-faktor lingkungan seperti makanan, rokok, dan radiasi ion. Zinc bermanfaat untuk menghambat kemotaksis leukosit dan proliferasi bakteri P.acnes, serta meningkatkan kemampuan fagosit dari sel natural killer dan granulosit. Efek anti-inflamasi dari zinc adalah dengan menurunkan produksi dan modulasi TNF-alfa dan IL-6.

Penelitian dilakukan pada 94 pasien dengan jerawat dan 56 pasien kontrol yang tidak menjalani terapi apapun dan tidak memiliki riwayat keluarga dengan jerawat. Dilakukan pemeriksaan menggunakan sampel darah vena setelah puasa 12-14 jam dan didapatkan hasil bahwa kadar vitamin E, A, dan zinc pada kelompok jerawat lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol (p<0,001). Kombinasi terapi jerawat menggunakan vitamin A dan E oral dilaporkan dapat memberikan hasil sinergis dengan merangsang terjadinya keratinisasi. Terdapat korelasi keparahan jerawat dan kadar vitamin E dalam darah. Penelitian Weimar, et al, juga melaporkan bahwa zinc bermanfaat ntuk jerawat tipe pustule. 

Kesimpulan: Didapatkan penurunan kadar vitamin A, vitamin E, dan zinc pada pasien dengan jerawat. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan memperbanyak makanan yang mengandung vitamin A, E, dan zinc atau jika perlu dapat ditambahkan berupa suplemen. (dr. Angeline F.)

 

Image : Ilustrasi

Referensi:

1. Cervantes J, Eber AE, Perper M, Nascimento VM, Nouri K, Keri JE. The role of zinc in the treatment of acne: A review of the literature. Dermatologic Therapy. 2018;31:e12576.

2. Zaenglein AL, Pathy AL, Schlosser BJ, Alikhan A, Baldwin HE, Berson DS, et.al. Guidelines of care for the management of acne vulgaris. Journal of the American Academy of Dermatology 2016;74:945–73.

3. Dreno, B., Amblard, P., Agache, P., Sirot, S., & Litoux, P. Low doses of zinc gluconate for inflammatory acne. Acta Dermato-Venereologica. 1989;69: 541–3

4. Schachner, L., Pestana, A., & Kittles, C. A clinical trial comparing the safety and efficacy of a topical erythromycin-zinc formulation with a topical clindamycin formulation. Journal of the American Academy of Dermatology.1990. 22, 489–95.

 

Share this article
Related Articles
Metformin Menurunkan Mortalitas dan Morbiditas Diabetes Mellitus Usia Lanjut.
Pande Dharma Pathni | 20 Nov 2018
Suplementasi Zinc Membantu Penyembuhan Ulkus Diabetes
nugroho nitiyoso | 27 Nov 2018
Kombinasi Laktoferin, Vitamin E dan Zinc Meringankan Keluhan Acne Vulgaris
Admin | 28 Nov 2018
Manfaat Penggunaan Zinc pada Jerawat
Admin | 15 Jan 2019
Metformin Mempengaruhi Komposisi Mikrobiota Saluran Cerna
Dokter Kalbemed | 28 Jan 2019
Efikasi Asam Traneksamat Topikal dan Injeksi pada Melasma
dr. Angeline Fanardy | 21 Feb 2019
Perbandingan Preparat Besi Sukrosa Injeksi dengan Besi Fumarat per Oral pada Wanita Hamil dengan Anemia
Laurencia Ardi | 28 Feb 2019
Pasien DM Tipe 2 Mempunyai Kadar Vitamin C Rendah
Esther Kristiningrum | 03 Mar 2019
Kombinasi Sinbiotik – Sitagliptin Bermanfaat pada Pasien Perlemakan Hati Non-alkohol (NAFLD)
Lupita Wijaya | 11 Mar 2019
Suplemen Asam Amino Glutamin dapat Memperbaiki Gejala Sakit Pencernaan IBS, Benarkah?
Dokter Kalbemed | 13 Mar 2019