Detail Article
Cadexomer Iodine Efektif Memperbaiki Penyembuhan Luka Kronik
dr. Nugroho Nitiyoso, MBA
Nov 02
Share this article
f19d22c7ffc25d5df78932cab8e30104.jpg
Updated 11/Nov/2021 .

Luka kronik adalah salah satu masalah utama kesehatan pada pasien lanjut usia (lansia), termasuk pasien diabetes. Diperkirakan, sebanyak 25% dari semua pasien diabetes, pernah mengalami ulkus diabetes setidaknya sekali dalam hidupnya.1 Selain itu, adanya infeksi pada luka, yang ditandai oleh adanya biofilm, menjadi salah satu faktor yang mempersulit penyembuhan. Diperkirakan sebanyak 78% luka kronik terdapat biofilm bakteri.2


Cadexomer iodine 0,9% diindikasikan sebagai antimikroba untuk membunuh bakteri, menghancurkan biofilm bakteri dan memperbaiki penyembuhan luka, pada luka kronik misalnya ulkus diabetes. Cadexomer iodine telah banyak diteliti dengan hasil yang baik, maka dr. Woo dan tim dari Kanada, Inggris, dan Australia, melakukan sebuah meta-analisis untuk merangkum evidence penggunaan cadexomer iodine pada ulkus kronik.3


Meta-analisis ini mengevaluasi data dari 13 penelitian yang menggunakan cadexomer iodine pada luka kronik. Dari 13 penelitian, sebanyak 2 penelitian mengevaluasi ulkus diabetic, 1 penelitian mengevaluasi pressure injury, dan 10 penelitian mengevaluasi ulkus vena. Dibandingkan antara cadexomer iodine (CIOD) vs standard of care (SOC). SOC bervariasi antara penelitian, misalnya paraffin gauze atau hydrocolloid dressings.

 

Ada beberapa parameter yang dievaluasi, yaitu: eksudat purulen, nyeri, dan pengecilan ukuran ulkus. Hasilnya:

1.  Cadexomer iodine lebih efektif untuk menurunkan jumlah eksudat purulent (nanah) pada luka dibandingkan dengan standard of care (p < 0,0001).

2.  Cadexomer iodine lebih efektif untuk mengurangi nyeri pada luka dibandingkan dengan standard of care (p < 0,0086).

3.  Cadexomer iodine lebih efektif untuk mempercepat pengecilan ukuran luka dibandingkan dengan standard of care (p < 0,0219).

 

Kesimpulan:

Meta-analisis ini menyimpulkan bahwa penggunaan cadexomer iodine pada luka kronik (ulkus diabetes, ulkus vena, pressure injury) untuk menurunkan produksi eksudat puluren (nanah), mengurangi nyeri dan mempercepat pengecilan ukuran luka.

 


Gambar: Ilustrasi (Photo by cottonbro from Pexels)

Referensi:

1.  Hirsch T, Spielmann M, Zuhaili B,Koehler T, Fossum M, Steinau HU, et al. Enhanced susceptibility to infections in a diabetic wound healing model. BMC Surg. 2008;8:5.

2.  Malone M, Bjarnsholt T, McBain AJ, James GA, Stoodley P, Leaper D, et al. The prevalence of biofilms in chronic wounds: A systematic review and meta-analysis of published data. J Wound Care 2017;26(1):20-5.

3.  Woo K, Dowsett C, Costa B, Ebohon S, Woodmansey EJ, Malone M. Efficacy of topical cadexomer iodine treatment in chronic wounds: Systematic review and meta-analysis of comparative clinical trials. Int Wound J . 2021;18(5):586-97.


Share this article
Related Articles