Detail Article
Adakah Manfaat Nutrisi dan Vitamin Dalam Kasus Covid-19?, Ini Salah Satu Reviewnya
dr. Kupiya Timbul Wahyudi
May 18
Share this article
img-11.jpg
Updated 21/Jul/2020 .

Nutrisi yang seimbang yang dapat membantu dalam mempertahankan kekebalan sangat penting untuk pencegahan dan pengelolaan infeksi virus. Dari review terbaru menujukkan bahw beberapa vitamin

Nutrisi yang seimbang yang dapat membantu dalam mempertahankan kekebalan sangat penting untuk pencegahan dan pengelolaan infeksi virus. Dari review terbaru menujukkan bahw beberapa vitamin, probiotik maupun nutrasetikal lainnya mempunyai potensi untuk membantu mencegah dan tatalaksana Covid-19, hal ini berdasarkan dari review yang dilakukan oleh Dr. Ranil Jayawardena dari Department of Physiology, Faculty of Medicine, University of Colombo, Colombo, Sri Lanka dan kolega yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews bulan Juli 2020.

Dalam studi tersebu, peneliti menggunakan data dari pencarian secara sistematis dengan menggunakan kata kunci untuk mencari literatur dalam 3 database medis utama: PubMed, Web of Science dan SciVerse Scopus. Studi dianggap memenuhi syarat jika merupakan uji coba terkontrol pada manusia, mengukur parameter imunologis, pada infeksi virus dan pernapasan. Uji klinis pada vitamin, mineral, nutraceuticals dan probiotik dimasukkan.

Sebanyak 640 catatan diidentifikasi pada awalnya dan 22 studi dimasukkan dari sumber lain. Setelah dilakukan evaluasi lebih lanjut diperoleh 43 studi terkait vitamin: 13; mineral: 8; nutraceuticals: 18 dan probiotik: 4. Di antara vitamin, A dan D berpotensi menunjukkan manfaat, terutama pada populasi yang kekurangan. Di antara "trace element", selenium dan seng juga menunjukkan efek modulasi kekebalan yang baik pada infeksi pernapasan virus. Beberapa nutraceutical dan probiotik juga memiliki peran dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Zat gizi mikro mungkin bermanfaat dalam populasi lansia yang kekurangan nutrisi.

Dari beberapa studi yang didapatkan tersebut, peneliti merangkum adanya potensi manfaat dari beberapa vitamin, "trace element" , nutrasetikal dan probiotik dalam infeksi virus. Prinsip-prinsip nutrisi berdasarkan data ini berpotensi dapat berguna dalam pencegahan dan pengelolaan COVID-19.

 

Image: Ilustrasi (sumber: https://news.umich.edu/)

Referensi: Ranil Jayawardena, Piumika Sooriyaarachchi, Michail Chourdakis. Enhancing immunity in viral infections, with special emphasis on COVID-19: A review. Internet (Cited: 14/5/2020). Available at: https://www.sciencedirect.com/ science/article/pii/S1871402120300801

Share this article
Related Articles
Manfaat Pemberian Nutrisi Enteral pada Pasien Diabetes
Admin | 23 Nov 2018
Suplementasi Creatine Nitrate Meningkatkan Performa Latihan
Dokter Kalbemed | 24 Jan 2019
Pemberian Nutrisi Enteral pada Pasien Stroke dengan NGT vs DET, Manakah yang Lebih Baik?
Dokter Kalbemed | 03 Feb 2019
Nutrisi Enteral Memperbaiki Gagal Jantung Lansia
dr. Dedyanto Henky Saputra | 14 Feb 2019
Pengaruh Pemberian Nutrisi Parenteral Awal Pasien Kritis
dr. Laurencia Ardi | 05 Mar 2019
Pemberian Nutrisi Parenteral pada Pasien ICU dapat Menurunkan Biaya Perawatan
Laurencia Ardi | 01 Apr 2019
Pemberian Asam Amino Parenteral dapat Mempercepat Penyembuhan Luka Post-operatif
Laurencia Ardi | 29 Apr 2019
Pemberian Nutrisi Enteral secara Dini pada Pasien Pankreatitis Akut, Apa Manfaatnya?
Dedyanto Henky Saputra | 01 May 2019
Pencegahan Primer Penyakit Kardiovaskuler Menurut Panduan ACC/AHA 2019, Apa Sajakah itu?
Jane Cherub | 16 Jul 2019
Hanya Dengan Mengurangi 300 Kalori Per Hari, Jantung Anda Akan Lebih Sehat
dr. Kupiya Timbul Wahyudi | 18 Jul 2019