Detail Article
"Benar" Atau "Salah" Terkait Dengan Wuhan Coronavirus, Menurut WHO (1)
dr. Kupiya Timbul Wahyudi
Feb 05
Share this article
img-Coronavirus1.jpg
Updated 26/Agt/2022 .

Merebaknya infeksi coronavirus baru dari Wuhan, menimbulkan banyak informasi yang tidak jelas beredar di tengah masyarakat. Berikut adalah beberapa topik yang telah dipublikasikan oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia) agar masyarakat tidak kebingungan dalam masalah tertentu terkait dengan 2019 - nCoV.

1. Apakah aman menerima surat atau paket dari Cina?

Ya, aman. Orang yang menerima paket dari Cina tidak berisiko tertular virus corona baru. Dari analisis sebelumnya, kita tahu coronavirus tidak bertahan lama pada objek, seperti surat atau paket.


2. Bisakah hewan peliharaan di rumah menyebarkan coronavirus baru (2019-nCoV)?

Saat ini, tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan / hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus corona baru. Namun, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air setelah kontak dengan hewan peliharaan merupakan hal yang baik. Ini melindungi Anda terhadap berbagai bakteri umum seperti E.coli dan Salmonella yang dapat berpindah di antara hewan peliharaan dan manusia.


3. Apakah vaksin melawan pneumonia melindungi Anda dari coronavirus baru?

Tidak. Vaksin terhadap pneumonia, seperti vaksin pneumokokus dan vaksin Haemophilus influenza tipe B (Hib), tidak memberikan perlindungan terhadap virus corona baru. 


Virus ini sangat baru dan berbeda sehingga membutuhkan vaksin sendiri. Para peneliti sedang mencoba mengembangkan vaksin melawan 2019-nCoV, dan WHO mendukung upaya mereka. Meskipun vaksin ini tidak efektif terhadap 2019-nCoV, vaksinasi terhadap penyakit pernapasan sangat dianjurkan untuk melindungi kesehatan Anda.


4. Dapatkah secara rutin membilas hidung Anda dengan air garam membantu mencegah infeksi dengan coronavirus baru?

Tidak. Tidak ada bukti bahwa mencuci hidung dengan garam secara teratur telah melindungi orang dari infeksi virus corona baru. Ada beberapa bukti terbatas bahwa mencuci hidung dengan garam secara teratur dapat membantu orang pulih lebih cepat dari flu biasa. Namun, membilas hidung secara teratur belum terbukti mencegah infeksi pernapasan.


5. Dapatkan berkumur dengan obat kumur dapat melindungi dari infeksi coronavirus baru?

Tidak. Tidak ada bukti bahwa menggunakan obat kumur akan melindungi Anda dari infeksi coronavirus baru. Beberapa obat kumur dapat menghilangkan mikroba tertentu selama beberapa menit dalam air liur di mulut Anda. Namun, ini tidak berarti mereka melindungi Anda dari infeksi 2019-nCoV

 

 

Image: Ilustrasi (sumber: https://www.the-scientist.com/)

Referensi: Novel Coronavirus (2019-nCoV) advice for the public: Myth busters (Internet; cited: 05/02/2020). Available at: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/myth-busters

Share this article
Related Articles