Detail Article
Kombinasi Rantidine Dan Jus Buah Quince, Memberikan Manfaat Untuk GERD Pada Anak
dr. Kupiya Timbul Wahyudi
Nov 21
Share this article
img-Baby1.jpg
Updated 22/May/2020 .

Karena pengobatan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) pada anak-anak adalah yang paling penting. Studi terbaru menunjukkan bahwa kombinasi ranitidine dan sirup buah quince memberikan manfaat untuk memperbaiki keluhan GERD pada anak.

Pengobatan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) pada anak-anak adalah yang paling penting. Studi terbaru menunjukkan bahwa kombinasi ranitidine dan sirup buah quince memberikan manfaat untuk memperbaiki keluhan GERD pada anak. Quince mempunyai nama latin Cydonia oblonga adalah sebuah anggota tunggal dari genus Cydonia dalam keluarga Rosaceae (yang juga terdiri dari apel dan pir, serta buah-buahan lainnya). 

Hal ini merupakan hasil penelitian dari Maryam Naeimia - Student Reseaerch Committee, Babol University of Medical Sciences, Babol, Iran dan kolega yang telah dipublikasikan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine tahun 2019 ini. Dalam studinya peneliti melibatkan sebanyak 96 anak yang dicurigai menderita gastroesophageal reflux (GERD). Secara acak tersamar ganda dibagi dalam 2 kelompok yang masing-masing mendapatkan ranitidine dan kelompok ranitidine ditambah sirup quince

Gejala GERD dinilai sebelum dan setelah intervensi (4 minggu) menggunakan standardized Global Severity Questionnaire (GSQ-YC). Pada evaluasi akhir penelitian menujukkan bahwa gejala-gejala muntah, penolakan makan, bersendawa atau bersendawa, dan sakit perut membaik secara signifikan. Namun, kombinasi ranitidine dan sirup buah quince memberikan hasil yang lebih bermakna. 

Dari hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa pemberian sirup ranitidine plus quince bermanfaat untuk GERD pada anak. Namun, dianjurkan untuk melakukan penelitian di masa depan dengan ukuran sampel yang lebih besar dan dosis yang berbeda.

 

Silakan baca juga, Info BPOM: Produk Ranitidine PT. Kalbe Farma Tbk, dan PT. Hexpharm Jaya, Diperbolehkan Dipasarkan Kembali

Image: Ilustrasi (sumber: https://www.babycenter.com/)
Referensi: Naeimia M, Kianifar H, Kamalinejad ZMM, Bijanie A, Saghebif R, Gorji N. Comparison of the efficacy of ranitidine and quince syrup on gastroesophageal reflux disease in children. Complementary Therapies in Medicine 2019:45;215-21.

Share this article
Related Articles
Metformin Menurunkan Mortalitas dan Morbiditas Diabetes Mellitus Usia Lanjut.
Pande Dharma Pathni | 20 Nov 2018
Suplementasi Zinc Membantu Penyembuhan Ulkus Diabetes
nugroho nitiyoso | 27 Nov 2018
Metformin Mempengaruhi Komposisi Mikrobiota Saluran Cerna
Dokter Kalbemed | 28 Jan 2019
Efikasi Asam Traneksamat Topikal dan Injeksi pada Melasma
dr. Angeline Fanardy | 21 Feb 2019
Perbandingan Preparat Besi Sukrosa Injeksi dengan Besi Fumarat per Oral pada Wanita Hamil dengan Anemia
Laurencia Ardi | 28 Feb 2019
Pasien DM Tipe 2 Mempunyai Kadar Vitamin C Rendah
Esther Kristiningrum | 03 Mar 2019
Kombinasi Sinbiotik – Sitagliptin Bermanfaat pada Pasien Perlemakan Hati Non-alkohol (NAFLD)
Lupita Wijaya | 11 Mar 2019
Suplemen Asam Amino Glutamin dapat Memperbaiki Gejala Sakit Pencernaan IBS, Benarkah?
Dokter Kalbemed | 13 Mar 2019
Hubungan Kadar Vitamin A, E, dan Zinc dengan Keparahan Acne Vulgaris
Dokter Kalbemed | 13 Mar 2019
Obat Osteoporosis Bisphosphonate Efektif Mencegah Progresivitas Gangguan Pendengaran Saraf
Esther Kristiningrum | 18 Mar 2019