Detail Article
Potensi Penanda Prediktif MP High 2 dan Manfaat Imunoterapi pada Kanker Payudara Stadium Dini
dr. Hastarita Lawrenti
Jul 01
Share this article
70d8f710e876ced1efa1918635997e3f.jpg
Updated 01/Jul/2024 .

Pasien kanker payudara dengan risiko tinggi secara klinis dan genomik memiliki risiko rekurensi sekitar 20% walaupun sudah diberikan terapi sistemik neo/adjuvan (kemoterapi, terapi endokrin, penghambat CDK4/6 [CDK4/6i]). Oleh karena itu, pilihan terapi tambahan diperlukan dan telah terdapat beberapa studi yang meneliti mengenai penambahan penghambat immune checkpoint (ICI) pada kemoterapi neoadjuvan (CheckMate-7FL dan KEYNOTE-756). 


Pemeriksaan MammaPrint 70 gen dapat dilakukan untuk memutuskan terapi yang sesuai.


Uji klinik I-SPY2 menunjukkan bahwa terdapat perbaikan pCR yang terpantau jika penghambat immune checkpoint (imunoterapi) diberikan sebagai komponen dalam kemoterapi neoadjuvan pada pasien kanker payudara stadium dini HR+, HER2- dengan tumor MammaPrint (MP) High 2. Studi FLEX merupakan studi prospektif real-world yang dilakukan pada pasien kanker payudara stadium I-III yang dilakukan pemeriksaan MammaPrint. Dalam studi ini, sejumlah 79% tumor adalah MP High 1 dan 21% adalah MP High 2. Pasien dengan tumor MP High 2 cenderung berusia lebih muda dan ditemukan tumor derajat 3. Selain itu, tumor MP High 2 dengan ER% staining >10% ditemukan sebesar 83,2%.

 

Hasilnya (n= 2916):

  • Dibandingkan tumor MP High 1, tumor MP High 2 memiliki antigen presenting cell/APC (makrofag M1 dan sel dendritik teraktivasi), sel NK yang lebih tinggi dan neutrofil yang lebih rendah.
  • Imunitas alami meningkat pada subtipe basal MP High 2 dibandingkan subtipe luminal MP High 2.
  • Dibandingkan tumor MP High 1, tumor MP High 2 memiliki frekuensi sel T CD4+ dan sel memori, sel T CD8+ dan sel memori, serta sel B, sel B memori, dan sel plasma yang memproduksi antibodi, yang lebih tinggi.
  • Subtipe basal MP High 2 memiliki imunitas adaptif lebih baik dibandingkan subtipe luminal MP High 2.
  • Gen yang berperan dalam jalur MHC I dan MHC II upregulated (warna merah) pada tumor MP High 2 dibandingkan MP High 1.
  • Tumor MP High 2 memiliki ekspresi PD1 dan PD-L1 yang lebih tinggi secara bermakna dibandingkan tumor MP High 1.

 

Adanya peningkatan presentasi antigen dan sel APC, yang berperan penting dalam mengaktifkan sel T dan sel B, menjelaskan mengapa tumor MP High 2 menunjukkan response rate terhadap imunoterapi.

 

Kesimpulan:

Dari studi ini didapatkan kanker payudara stadium dini HR+, HER2- dengan MP High 2 bersifat imunogenik, dibuktikan dengan sel imun yang lebih tinggi dan upregulated gen yang mempresentasikan antigen dibandingkan tumor MP High 1. Status tumor MP High 2 berpotensi menjadi penanda prediktif manfaat penambahan imunoterapi pada kemoterapi pada pasien kanker payudara stadium dini HR+, HER2- MP High 2. Temuan ini mendukung rasional studi SWOG 2206 yang menggunakan penanda MP High 2 untuk menentukan pasien yang diberikan kemo-imunoterapi neoadjuvan.

 


Gambar: Ilustrasi (Sumber: Freepik)

Referensi:

Cobain EF, Pusztai L, Graham CL, Whitworth PW, Beitsch PD, Osborne CRC, et al. Elucidating the immune active state of HR+HER2- MammaPrint High 2 early breast cancer. Paper presented at: 2024 ASCO Annual Meeting; 2024 May 31-Jun 4; Chicago, US.

 

 

 


Share this article
Related Articles