Detail Article
Risedronate Mengontrol Penurunan BMD pada Wanita dengan Terapi Anastrozole
dr. Esther Kristiningrum
Mar 15
Share this article
1f9a62e7bc1b6bec0785ddaee183fe4b.jpg
Updated 20/Mar/2024 .

Anastrozole telah menunjukkan dapat mencegah kanker payudara pada wanita pascamenopause yang berisiko tinggi terkena penyakit ini. Namun, anastrozole juga telah dikaitkan dengan penurunan kepadatan mineral tulang (BMD) yang lebih cepat dan peningkatan risiko fraktur karena obat tersebut menekan kadar estrogen dengan menghambat konversi androgen menjadi estrogen oleh enzim aromatase dalam jaringan lunak, terutama lemak.


Dilakukan studi acak yang meneliti efek risedronate pada BMD setelah 5 tahun follow up dalam studi pencegahan IBIS-II. Tujuan studi ini adalah untuk membandingkan efek risedronate oral (35 mg sekali seminggu) dibandingkan plasebo pada wanita osteopenia (-2,5 < skor T < -1) yang secara acak mendapat anastrozole dalam studi utama. Sebanyak 258 wanita pascamenopause osteopenia yang berisiko tinggi terkena kanker payudara yang bisa dilakukan pengukuran BMD awal dan tindak lanjut disertakan dalam analisis.

 

Hasilnya menunjukkan bahwa perubahan BMD rata-rata 5 tahun pada tulang belakang lumbal pada wanita osteopenia yang mendapat anastrozole dan risedronate adalah -0,4% dibandingkan dengan -4,2% pada wanita yang tidak menggunakan risedronate (p<0,0001), tetapi tidak berbeda secara signifikan antara pengguna risedronate dan non-pengguna pada tulang pinggul (p=0,2). Perubahan petanda turnover tulang N-Terminal Propeptide of Type I Collagen (PINP) rata-rata 5 tahun adalah -20% pada wanita yang mendapat anastrozole dan risedronate dibandingkan dengan 3% pada wanita yang tidak menggunakan risedronate tetapi mendapat anastrozole (p<0,0001).


Kesimpulan:

Hasil studi IBIS-II ini mengonfirmasi pengeroposan tulang yang terkait dengan penggunaan anastrozole dan menunjukkan bahwa penurunan BMD yang diakibatkan oleh anastrozole pada tulang belakang dapat dikontrol dengan pengobatan risedronate, meskipun risedronate oral sekali seminggu tidak dapat sepenuhnya mencegah kehilangan tulang yang diakibatkan oleh anastrozole pada tulang pinggul. Risedronate ditoleransi dengan baik dan dapat menjadi pilihan terapi untuk menjaga kesehatan tulang pada wanita yang berisiko tinggi terkena kanker payudara, khususnya yang mendapat terapi anastrozole.



Gambar: Ilustrasi (Sumber: Freepik)

Referensi:

Sestak I, Blake GM, Patel R, Coleman RE, Cuzick J, Eastell R. Comparison of risedronate versus placebo in preventing anastrozole-induced bone loss in women at high risk of developing breast cancer with osteopenia. Bone 2019 :124:83-8. doi: 10.1016/j.bone.2019.04.016.

Share this article
Related Articles