Detail Article
Manfaat Liburan bagi Kesehatan Keluarga
dr. Vivian Keung
Des 27
Share this article
de320f27cb5ecdcb846ac0e093fec4a9.jpg
Updated 27/Des/2023 .

Libur bersama dengan keluarga seringkali menjadi sangat berkesan bagi seluruh anggota keluarga, tidak hanya menjadi kenangan dalam hidup, tetapi juga memisahkan diri dari rutinitas sehari-hari, menambah pengalaman baru, merasakan budaya maupun makanan baru, dan membuka pikiran terhadap dunia yang baru.

Sebuah penelitian menemukan bahwa liburan bersama dengan keluarga baik untuk kesehatan secara menyeluruh; kesehatan fisik maupun mental. 


Banyak studi yang melaporkan bahwa orang-orang yang kembali dari liburan cenderung merasa lebih bahagia dan santai. Studi tersebut juga menemukan bahwa orang-orang menjadi lebih produktif dan semakin memiliki kedekatan di dalam hubungan antar anggota keluarga. 


Beberapa manfaat berlibur bagi kesehatan secara menyeluruh, baik bagi orang dewasa dan anak-anak adalah:

  • Memelihara Kebugaran Tubuh

Melakukan rutinitas sepanjang minggu untuk bekerja tentu akan memunculkan kejenuhan dan kelelahan bagi tubuh. Luangkanlah waktu di akhir pekan untuk mengunjungi dataran tinggi atau tempat-tempat yang dikelilingi warna hijau dari alam. Pikiran yang jenuh dan kepenatan akan reda sehingga siap menjalani minggu yang baru. 

  • Memberi Tenaga dan Semangat Kerja Baru 

Berlibur menjadi sarana untuk meluangkan waktu dan melupakan sejenak segala rutinitas dan aktivitas sehari-hari. Berlibur juga memberikan rasa kebebasan diri dari tuntutan kewajiban dan membiarkan tubuh lebih rileks sehingga memberikan semangat baru saat kembali ke rutinitas semula. 

  • Memberikan Kualitas Istirahat Lebih Baik 

Pergi berlibur akan memberi banyak waktu untuk beristirahat dan melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan. Berkunjung ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian akan menimbulkan rasa tenang dan nyaman yang tentunya akan membuat kualitas istirahat dan tidur lebih baik. 

  • Hidup yang Lebih Bahagia

Berbagai penelitian mengungkapkan dampak positif dari kegiatan berlibur, salah satunya adalah jurnal Psychosomatic Medicine yang mengatakan bahwa liburan dan kegiatan santai lainnya mengarah ke pandangan yang lebih positif dan mengurangi risiko depresi.

  • Awet Muda

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Global Commission on Aging and Transamerica Center mengatakan bahwa liburan dapat membuat awet muda. Salah satu hal yang menjadi pendukung pernyataan ini adalah karena pada dasarnya liburan akan membuat kita rileks dan merasa bahagia, tentu saja kedua hal inilah yang akan membuat kamu terhindar dari masalah penuaan dini.

  • Mengasah Kemampuan Menghibur Diri Sendiri

Bagi anak-anak, berlibur dapat mengajarkan mereka bagaimana menghibur diri. Pada saat berlibur terdapat beberapa kondisi dimana anak-anak “dipaksa” untuk dapat bersenang-senang, seperti saat menunggu di bandara atau berada di dalam pesawat yang sangat lama karena jarak yang jauh dengan mencari kegiatan yang dapat mengisi waktu saat menunggu dan membunuh kebosanan. 

  • Menyukai Makanan Baru 

Berada pada lingkungan baru tentunya menjadi kesempatan mencoba pengalaman baru, termasuk makanan baru saat berlibur. Tidak menutup kemungkinan makanan baru tersebut menjadi makanan yang disukai. 

  • Menguatkan Hubungan Keluarga 

Liburan bersama keluarga menjadi kenangan bagi seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Saat berlibur, keluarga berbagi banyak pengalaman menyenangkan bersama tanpa disadari hal tersebut akan memperkuat ikatan keluarga. 


Pergi berlibur bersama memiliki banyak manfaat bagi seluruh anggota, baik orang dewasa dan anak-anak, jadi jangan lupa untuk menyisihkan waktu bersama keluarga dan pergi berlibur. 


Gambar: Foto - Envato

Referensi:

Kementerian Kesehatan RI. Libur Keluarga Mengasah Kesehatan Fisik dan Mental [Internet]. 2023. Available from: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2595/liburan-keluarga-mengasah-kesehatan-fisik-dan-mental

Kementerian Kesehatan RI. 5 Manfaat Berlibur bagi Kesehatan [Internet]. 2018. Available from: https://promkes.kemkes.go.id/?p=8425

Share this article
Related Articles