Detail Article
Pentingnya Kesehatan Mental bagi Seorang Ibu
dr. Vivian Keung
Des 22
Share this article
38f6fe13bca81c94009bbad65f6972fc.jpg
Updated 22/Des/2023 .

Sehat didefinisikan sebagai kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang utuh dan bukan sekedar bebas dari penyakit atau kelemahan. Kesehatan mental dan fisik merupakan komponen yang sama pentingnya dari kesehatan secara keseluruhan. 

Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial manusia. Hal ini memengaruhi cara berpikir, merasakan, dan bertindak. Mental yang sehat juga membantu menentukan cara kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan yang sehat. Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa anak-anak dan remaja, hingga mencapai usia dewasa.

 

Penyebab gangguan kesehatan mental melibatkan interaksi antara faktor risiko genetik, perkembangan, sosial, dan lingkungan. Risiko relatif berkembangnya psikopatologi melibatkan interaksi dengan faktor risiko genetik dan masa perkembangan. Keadaan buruk di masa anak-anak telah dikaitkan juga dengan risiko gangguan kesehatan mental, seperti riwayat pelecehan, kekerasan, kemiskinan, dan pengalaman kehilangan yang signifikan pada masa anak-anak berkorelasi dengan risiko beberapa gangguan mood dan kecemasan.

Jenis kelamin dikaitkan dengan risiko banyak gangguan kesehatan mental; laki-laki memiliki tingkat skizofrenia yang lebih tinggi, dan perempuan memiliki tingkat gangguan depresi dan kecemasan yang lebih tinggi. Alasan perbedaan ini kemungkinan besar terkait dengan faktor genetik dan sosial yang dapat membuat jenis kelamin tertentu memiliki beban faktor risiko yang lebih tinggi.

 

Dalam banyak penelitian, telah dikemukakan bahwa peran sosial yang dipaksakan oleh masyarakat berdampak buruk terhadap kesehatan mental individu dan khususnya perempuan. Ibu rumah tangga merupakan individu yang berperan sebagai pengasuh dalam keluarga di hampir setiap masyarakat dan mengalami kesulitan psikologis yang serius sehubungan dengan peran tersebut. Kesulitan psikologis ini mungkin timbul karena hubungan patologis yang dimiliki perempuan, terutama dengan anggota keluarganya. Selain itu, wanita yang memiliki peran ganda di rumah dan saat bekerja dapat menyebabkan frustasi dan stres yang akan mengarah pada tidak seimbangnya antara kehidupan di rumah dan di pekerjaan.

 

Untuk dapat menghindari terjadinya gangguan kesehatan mental pada ibu, lakukanlah beberapa hal berikut untuk dapat mengurangi stres:

  • Mengutamakan waktu tidur atau istirahat. Kekurangan waktu tidur akan mengurangi mood dan menyebabkan stres.
  • Meminimalkan penggunaan telepon genggam dan screen time.
  • Istirahatkan diri secara mental dengan melakukan selfcare, seperti journaling, mendengar podcast atau menonton acara TV yang disukai, atau berolahraga.
  • Menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil seperti meluangkan waktu sebentar untuk menghirup udara segar, melepas penat dengan rehat sejenak, mandi air hangat untuk merelaksasikan tubuh, proses apa yang dirasakan bersama dengan pasangan, melakukan hobi, atau membaca buku.
  • Fokus pada aktivitas yang menimbulkan rasa puas.
  • Bersosialisasi dengan orang tua lain dengan melakukan aktivitas bersama.
  • Bersikaplah lembut terhadap diri sendiri, jangan terlalu memaksakan diri sendiri terutama jika sedang lelah atau saat hari-hari terasa berat.

 

Menjaga kesehatan mental ibu merupakan hal yang tidak hanya dapat dilakukan sendiri, namun juga memerlukan dukungan keluarga. Ibu yang sehat secara fisik dan juga mental, akan selalu menjadi terang keluarga. Hargailah selalu ibumu, karena ibu berharga.

 

Selamat Hari Ibu!

 

Gambar: Foto (Sumber: Envato)

Referensi:

World Health Organization. Constitution [Internet]. Available from: https://www.who.int/about/accountability/governance/constitution

Centers for Disease Control and Prevention. About mental health [Internet]. 2023. Available from: https://www.cdc.gov/mentalhealth/learn/index.htm#

Hyman S, Parikh R, Collins PY, Patel V. Adult mental disorders. In: Mental, neurological, and substance use disorders: Disease control priorities. 3rd Ed. 2016.

Kaplan V. Mental health states of housewives: An evaluation in term of self-perception and codependency. International Journal of Mental Health and Addiction 2022;21(2023):666-83.

Tartakovsky M, Legg TJ. The Best Strategies for Parents to Boost Their Mental Health. Healthline [Internet]. 2020. Available from: https://www.healthline.com/health/parenting/ways-parents-can-care-for-their-mental-health

Kubala J, Jennings KA, Kuehnle F. 16 Simple Ways to Relieve Stress. Healthline [Internet]. 2023. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety

Share this article
Related Articles