Detail Article
Pedoman ASH 2019 untuk Pencegahan Tromboemboli Vena pada Pasien yang Dirawat di Rumah Sakit Setelah Operasi
dr. Pratidina Paramita, BCMAS
Nov 22
Share this article
461531cfb900100c355c2952c8a6af3c.jpg
Updated 21/Nov/2023 .

Pedoman berbasis bukti ini bertujuan untuk mendukung pengambilan keputusan tentang pencegahan tromboemboli vena pada pasien yang menjalani operasi.

Poin Utama:

· Pedoman berbasis bukti dari American Society of Hematology (ASH) 2019 menyajikan rekomendasi untuk pencegahan tromboemboli vena (VTE) pada pasien yang menjalani operasi.

· Panel memberikan rekomendasi (kuat/bersyarat) untuk pasien yang menjalani operasi besar secara umum, bedah ortopedi, bedah umum besar, prosedur bedah saraf besar, bedah urologi, bedah kardiak dan vaskular besar, trauma besar, atau bedah ginekologi besar.


Tinjauan Singkat:

Operasi Besar:

· Panel menyarankan profilaksis farmakologis atau mekanis (rekomendasi bersyarat).

· Untuk pasien yang tidak menerima profilaksis farmakologis, profilaksis mekanis disarankan daripada tidak ada profilaksis (rekomendasi bersyarat).

- Alat kompresi berkala lebih disarankan daripada stoking kompresi bertingkat (rekomendasi bersyarat).

· Penggunaan profilaksis gabungan atau profilaksis mekanis saja akan bergantung pada risiko VTE dan pendarahan berdasarkan pasien dan jenis operasi (rekomendasi bersyarat).

· Panel menyarankan untuk tidak menggunakan filter vena cava inferior untuk profilaksis VTE (rekomendasi bersyarat).

· Penggunaan profilaksis antitrombotik jangka panjang lebih disarankan daripada profilaksis jangka pendek (rekomendasi bersyarat).

· Panel lebih lanjut menyarankan penggunaan profilaksis antitrombotik awal atau tertunda (rekomendasi bersyarat).

· Untuk bedah umum besar, panel menyarankan profilaksis farmakologis menggunakan heparin berat molekul rendah (LMWH) daripada tidak ada profilaksis farmakologis (rekomendasi bersyarat).

· Panel menyarankan untuk tidak menggunakan profilaksis farmakologis pada pasien yang menjalani kolesistektomi laparoskopi (rekomendasi bersyarat).

Bedah Ortopedi:

· Panel menyarankan aspirin atau antikoagulan pada pasien yang menjalani artroplasti lutut/panggul total (rekomendasi bersyarat).

· Di antara antikoagulan, antikoagulan oral langsung (DOACs) lebih disarankan daripada LMWH (rekomendasi bersyarat).

· Jika DOACs tidak digunakan, LMWH lebih disarankan daripada warfarin (rekomendasi bersyarat), dan LMWH direkomendasikan daripada heparin tidak terfraksionasi ([UFH]; rekomendasi kuat).

· Profilaksis farmakologis dengan LMWH atau UFH lebih disarankan daripada tidak ada profilaksis untuk pasien yang menjalani perbaikan fraktur panggul (rekomendasi bersyarat).

Bedah Saraf Besar

• Panel menyarankan untuk tidak menggunakan profilaksis farmakologis (rekomendasi bersyarat).

• Untuk subset pasien yang menggunakan profilaksis farmakologis, panel menyarankan penggunaan LMWH daripada UFH (rekomendasi bersyarat).

Prosedur Urologi

• Panel menyarankan untuk tidak menggunakan profilaksis farmakologis pada pasien yang menjalani reseksi transuretral prostat atau prostatektomi radikal.

• Untuk subset pasien yang menggunakan profilaksis farmakologis, panel menyarankan penggunaan LMWH atau UFH (rekomendasi bersyarat).

Bedah Jantung atau Pembuluh Darah Besar

• Panel menyarankan profilaksis farmakologis atau tidak menggunakan profilaksis farmakologis (rekomendasi bersyarat).

• Ketika profilaksis farmakologis digunakan, LMWH atau UFH disarankan (rekomendasi bersyarat).

Trauma Besar

• Untuk pasien dengan risiko perdarahan rendah hingga sedang, profilaksis farmakologis disarankan daripada tidak menggunakan profilaksis farmakologis (rekomendasi bersyarat).

• Panel menyarankan untuk tidak menggunakan profilaksis farmakologis pada pasien dengan risiko perdarahan tinggi (rekomendasi bersyarat).

• Untuk pasien yang menggunakan profilaksis farmakologis, panel menyarankan penggunaan LMWH atau UFH (rekomendasi bersyarat).

Bedah Ginekologi Besar

• Panel menyarankan penggunaan profilaksis farmakologis daripada tidak menggunakan profilaksis farmakologis dan menyarankan penggunaan LMWH atau UFH (rekomendasi bersyarat).

 

Gambar: Ilustrasi

Referensi:

Anderson DR, Morgano GP, Bennett C, Dentali F, Francis CW, Garcia DA, Kahn SR, Rahman M, Rajasekhar A, Rogers FB, Smythe MA, Tikkinen KAO, Yates AJ, Baldeh T, Balduzzi S, Brożek JL, Ikobaltzeta IE, Johal H, Neumann I, Wiercioch W, Yepes-Nuñez JJ, Schünemann HJ, Dahm P. American Society of Hematology 2019 guidelines for management of venous thromboembolism: prevention of venous thromboembolism in surgical hospitalized patients. Blood Adv. 2019;3(23):3898-3944. doi: 10.1182/bloodadvances.2019000975. PMID: 31794602.


Share this article
Related Articles