Detail Article
Kalbe Dapatkan Izin Edar Obat dari Badan POM untuk Obat Anemia, Efepoetin Alfa
dr. Dita Arccinirmala
Okt 23
Share this article
ec2364cad022bee2171256ff26c2878d.jpeg
Updated 23/Okt/2023 .

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha Kalbe-Genexine Biologics (KGbio) mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (Badan POM) untuk obat anemia Efepoetin Alfa pertama yang diriset dan diproduksi di Indonesia.  Efepoetin Alpha (EPO-HyFc, GXE4) adalah salah satu produk obat anemia Efepoetin Alfa yang dikembangkan menggunakan platform fusi hyFc® Genexine untuk pasien anemia dengan penyakit ginjal kronis.


Presiden Direktur PT Kalbe Genexine Biologics, Bpk. Sie Djohan, mengatakan bahwa Kalbe percaya dengan adanya izin edar bagi obat anemia Efepoetin Alfa untuk terapi penyakit ginjal kronis, maka pasien lebih dimudahkan untuk mendapatkan akses obat bagi kesembuhannya. Obat anemia Efepoetin Alfa telah melalui uji klinik fase 3 di 7 negara, yaitu Indonesia, Australia, Taiwan, Filipina, Thailand, Malaysia dan Korea. Genexine dan KG Bio juga telah memulai uji klinis 3 yang menargetkan pasien dialisis dengan ginjal kronis. Studi ini jua akan dilakukan di Eropa dan Asia dan akan mendukung perluasan izin edar bagi pasien dialisis dan non-dialisis.


Presiden dan CEO Genexine, Bpk. Neil Warma mengungkapkan bahwa persetujuan ini sangat penting bagi Genexine dan mitra KGbio, tidak hanya menjadi yang pertama yang mendapat persetujuan edar tetapi juga menjadi salah satu terapi pertama yang ditemukan, dikembangkan dan dikomersialkan oleh perusahaan BioPharma Korea. Upaya kami untuk fokus pada komersialisasi setahun terakhir ini, membuat kami sekarang berencana untuk meluncurkan produk ini di beberapa negara Asia lainnya dan memperluas indikasinya untuk mencakup pasien dialisis.

Hasil yang dipresentasikan oleh KG Bio pada bulan April 2023, menunjukkan keunggulan dibandingkan produk pembanding termasuk keamanan dan tolerabilitas yang baik, memenuhi titik akhir primer dengan tingkat respons pada pasien yang kadar hemoglobinnya meningkat lebih dari 1 g/dL adalah 69,6%.


Tentang Kalbe Genexine Biologics

Didirikan pada tahun 2016 sebagai usaha patungan antara Kalbe Farma Tbk (IDX: KLBF), perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, bersama Genexine (KOSDAQ: 095700), sebuah perusahaan bioteknologi di Korea Selatan. KGbio memiliki visi untuk menyediakan produk biologi, biosimilar, dan imuno-onkologi inovatif yang berkualitas tinggi dan terjangkau untuk pasar Asia Tenggara

KGbio juga memiliki anak usaha Innogene Kalbiotech (“Innogene”) dan memegang saham pengendali di Kalbio Global Medika (“Kalbio”). Innogene adalah perusahaan dengan produk berplatform biosimilar, yakni empat obat antibodi monoklonal (Rituximab, Nimotuzumab, Trastuzumab dan Bevacizumab). Sedangkan Kalbio adalah fasilitas manufaktur produk biologi dengan kapasitas bioreaktor untuk jalur sel mamalia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi: www. https://www.kg-biologics.com/


Tentang Genexine

Genexine, Inc. adalah perusahaan publik yang bergerak pada uji klinik produk bioteknologi yang berfokus pada pengembangan dan komersialisasi imunoterapi dan obat biologis next-generation long-acting biologics. Platform teknologi utamanya adalah teknologi vaksin DNA Terapi dan teknologi fusi hyFc®.   Perusahaan memiliki banyak produk dalam pengembangan klinis termasuk beberapa yang sedang menjalani uji klinik Tahap 3.   Produk milik Perusahaan mencakup GX-188 (tirvalimogene teraplasmid) untuk kanker serviks, GX-I7 (efineptakin alfa) untuk berbagai jenis kanker, GX-H9 (eftansomatropin alfa) untuk defisiensi hormon pertumbuhan anak dan GX-E4 untuk anemia yang disebabkan oleh ginjal kronis. Genexine telah menjalin banyak kemitraan dengan perusahaan global untuk mempercepat pengembangan dan komersialisasi produk serta menciptakan nilai yang signifikan. Genexine terdaftar di bursa Korea (KOSDAQ: 095700) dan berkantor pusat di Seoul, Korea.  Genexine berkomitmen terhadap kesejahteraan dan perawatan pasien di seluruh dunia


Tentang PT Kalbe Farma Tbk

PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep, divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas serta minuman energi dan siap saji, divisi nutrisi dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki sekitar 40 anak perusahaan and 14 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: KLBF).


Sumber: Corporate Communication PT Kalbe Farma Tbk.

Share this article
Related Articles