Detail Article

Suplemen Nutrisi Oral Dapat Memperbaiki Status Gizi dan Inflamasi Pasien Dialisis

dr. Dedyanto Henky Saputra, M. Gizi
Sep 22
Share this article
61886369605c2178f763b8f1abf91395.jpg
Updated 22/Sep/2023 .

Pasien yang menjalani hemodialisis (HD) atau dialisis peritoneal (PD) seringkali mengalami asupan energi dan protein yang tidak adekuat, sehingga mengakibatkan status gizi rendah yang berdampak pada kondisi klinis pasien. Suplemen nutrisi oral (ONS/oral nutrition supplement) umum digunakan untuk meningkatkan asupan energi dan protein pasien. Beberapa penelitian observasional menunjukkan bahwa ONS mampu meningkatkan kadar albumin atau perbaikan status antropometri. pada pasien yang menjalani dialisis. 


Tinjauan sistematis dan meta-analisis ini bertujuan menganalisis berbagai penelitian pasien dialisis yang diberikan intervensi ONS dan dampaknya terhadap status nutrisi, penanda inflamasi, dan kadar elektrolit. Penelitian menelusuri empat database elektronik hingga 31 Desember 2022, terhadap semua penelitian terkontrol acak yang membandingkan pemberian ONS versus plasebo atau standar tata laksana gizi rutin.

 

Hasilnya:

· Terdapat 22 penelitian dengan total 1.185 pasien yang masuk kriteria inklusi penelitian ini.

· Dibandingkan dengan kelompok kontrol, kelompok ONS menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan untuk kadar albumin serum (1,26 g/L), nilai indeks massa tubuh (0,30 kg/m2), dan kekuatan genggaman tangan (0,96 kg).

· Tidak ada perbedaan signifikan yang diamati antara kelompok untuk nilai massa tubuh bebas lemak, nilai protein C-reaktif, serta kadar serum fosfor dan kalium.

· Terkait peningkatan kadar albumin, analisis sub-kelompok menunjukkan bahwa pemberian ONS cenderung akan meningkat lebih signifikan pada tiga kondisi: pasien HD, penggunaan ONS jangka pendek, dan apabila digunakan sebagai suplemen nutrisi non-intradialisis.

 

Kesimpulan:

Penggunaan ONS dapat meningkatkan status nutrisi pasien yang menjalani dialisis dalam hal memperbaiki kadar albumin serum, indeks massa tubuh, dan kekuatan genggaman tangan tanpa efek signifikan pada kadar fosfor, kalium, dan protein C-reaktif serum. Namun, masih belum dipastikan apakah hasil ini berkorelasi langsung dengan perbaikan yang relevan terhadap kondisi klinis pasien. Oleh karena itu, penelitian berskala besar dan berkualitas tinggi masih diperlukan untuk mengonfirmasinya.

 

Gambar: Ilustrasi

Referensi:

Ju Liu P, Guo J, Zhang Y, Wang F, Yu K. Effects of oral nutritional supplements on the nutritional status and inflammatory markers in patients on maintenance dialysis: A systematic review and meta-analysis of randomized clinical trials. Clinical Kidney Journal [Internet]. 2023. Available from: https://academic.oup.com/ckj/advance-article/doi/10.1093/ckj/sfad130/7181500

 


Share this article
Related Articles