Detail Article
Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2023: Melibatkan Pasien Untuk Keselamatan Pasien
dr. Vivian Keung
Sep 17
Share this article
da0e310a516d6c90c201c3c8839ebf67.jpg
Updated 18/Sep/2023 .

Tanggal 17 September diperingati sebagai Hari Keselamatan Pasien Sedunia atau World Patient Safety Day. Tahun ini, Hari Keselamatan Pasien Sedunia mengusung tema “Engaging patients for patient safety” dengan slogan “Elevate the voice of patients!” sebagai penghargaan atas peran penting pasien, keluarga, dan pengasuh dalam keselamatan layanan kesehatan.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa ketika pasien diperlakukan seperti “mitra” dalam perawatan mereka, baik dari segi keselamatan, kepuasan, maupun kesehatan pasien, akan memberikan manfaat yang signifikan. Pasien dapat berkontribusi terhadap layanan kesehatan pribadi dan layanan kesehatan secara menyeluruh.


Melalui slogan “Elevate the voice of patients!”, organisasi kesehatan dunia yaitu World Health Organization (WHO) meminta peran semua orang dalam dunia kesehatan untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pasien terlibat dalam perumusan kebijakan, terwakili dalam struktur tata kelola, terlibat dalam perancangan strategi keselamatan, dan menjadi mitra aktif dalam perawatan diri sendiri. Hal ini hanya dapat dicapai dengan menyediakan wadah dan peluang bagi pasien, keluarga, dan komunitas untuk menyuarakan pendapat, kekhawatiran, harapan dan pilihan pelayanan kesehatan.


Beberapa tujuan dari adanya Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2023 adalah:

  • Meningkatkan kesadaran secara global akan pentingnya keterlibatan aktif pasien dan keluarga serta pengasuh pasien pada setiap situasi ataupun pada semua tingkat layanan kesehatan untuk meningkatkan keselamatan pasien.
  • Melibatkan penyusun kebijakan, ketua layanan kesehatan, tenaga kerja kesehatan, organisasi, masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya melibatkan pasien dan keluarga dalam kebijakan dan praktik layanan kesehatan yang aman.
  • Memberdayakan pasien dan keluarga untuk secara aktif terlibat dalam layanan kesehatan dan dalam peningkatan keselamatan pada pelayanan kesehatan.
  • Mendukung tindakan mendesak terhadap keterlibatan pasien dan keluarga, selaras dengan Global Patient Safety Action atau Rencana Aksi Keselamatan Pasien Global 2021-2030, yang perlu dilakukan oleh semua pihak.  


Kesimpulan:

Hari Keselamatan Pasien Sedunia hadir untuk mengingatkan semua pemangku kepentingan peran penting pasien, keluarga, maupun pengasuh dalam keberhasilan terapi dan kesehatan pasien. Pasien yang dijadikan mitra terbukti memiliki hasil yang lebih baik. Dengan slogan yang digaungkan pada tahun ini, harapannya kedepan pasien dapat terlibat langsung dalam kepuasan keselamatan pelayanan kesehatan pada masa yang akan datang. 



Gambar: Ilustrasi (Sumber: Freepik)

Referensi:

World Health Organization. World Patient Safety Day 2023: Engaging Patients for Patient Safety [Internet]. 2023 Sep 17. Available from: https://www.who.int/news-room/events/detail/2023/09/17/default-calendar/world-patient-safety-day-2023--engaging-patients-for-patient-safety

Share this article
Related Articles