Detail Article
Manfaat Olahraga dan Kesehatan Tubuh
dr. Vivian Keung
Sep 08
Share this article
0d9266dfccc4dce35eb55646cd4adb6e.jpg
Updated 08/Sep/2023 .

Salah satu bentuk aktivitas fisik yang direncanakan dan terstruktur, di mana gerakannya repetitif dan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dikenal sebagai olahraga. Olahraga adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, namun tidak jarang dilupakan

Berdasarkan berbagai penelitian, olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki berbagai manfaat positif bagi kesehatan tubuh, di antaranya: 

-Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menjadikan tubuh lebih tahan terhadap pajanan patogen.

-Meningkatkan Kerja Barier Usus

Sebuah studi menemukan bahwa olahraga meningkatkan produksi short-chain fatty acids atau SCFAs yang membantu meningkatkan kerja barier usus. Mengurangi permeabilitas usus dengan cara meningkatkan fungsi tight junction protein (TJp) akan mengurangi juga patogen masuk ke dalam tubuh yang menyebabkan peradangan sistemik. 

-Meningkatkan Kesehatan Jantung

Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menguatkan otot jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

-Mengurangi Stres dan Anxietas

Olahraga merangsang pelepasan endorfin yang membantu mengurangi stres, anxietas, dan depresi.

-Mengendalikan Berat Badan

Melakukan aktivitas fisik membantu dalam mengatur berat badan, menjaga metabolisme, dan mencegah obesitas.

-Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas Tubuh

Latihan fisik membantu dalam mengembangkan otot, tulang, dan fleksibilitas yang penting untuk mobilitas yang baik dan pencegahan cedera.


Kehidupan saat ini semakin dimudahkan dengan adanya moda transportasi yang mudah diakses, penggunaan teknologi yang semakin canggih, akses internet yang mudah didapat, sehingga hidup manusia cenderung lebih sedenter (kondisi banyak duduk dan kurang aktivitas). Beberapa bukti menunjukkan bahwa kehidupan yang semakin sedenter ini berhubungan erat dengan kesehatan tubuh yang buruk, di antaranya:

  • Pada anak dan remaja
  • Peningkatan jaringan adiposa
  • Kesehatan kardiometabolik, kebugaran tubuh, dan perilaku prososial yang buruk
  • Durasi tidur yang berkurang
  • Pada orang dewasa
  • Kejadian penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes melitus tipe 2
  • Mortalitas penyakit kardiovaskular, mortalitas kanker, dan semua kematian yang disebabkan kurang dari berolahraga


Untuk mencegah dampak buruk tersebut, terdapat beberapa jenis aktivitas fisik atau olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti:

  • Jalan cepat
  • Senam aerobik
  • Berenang
  • Lari
  • Bersepeda 
  • Jogging


Kesimpulan:

Olahraga, salah satu bentuk aktivitas fisik yang direncanakan dan terstruktur, memiliki banyak manfaat terutama dalam hal membantu menjaga kesehatan tubuh. Kehidupan saat ini yang semakin mudah menjadikan hidup manusia cenderung lebih sedenter, yang berhubungan erat dengan kesehatan tubuh yang buruk. Hal ini perlu diatasi dengan rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga.


Gambar: Ilustrasi (Sumber: Freepik)

Referensi:

  1. Clauss M, Gerard P, Mosca A, Leclerc M. Interplay between exercise and gut microbiome in the context of human health and performance. Front Nutr. 2021;8:637010
  2. World Health Organization. Physical activity [Internet]. 2022 Oct 5. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity  
  3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Ini segudang manfaat berolahraga [Internet]. 2023 Apr 04. Available from: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2295/ini-segudang-manfaat-berolahraga
Share this article
Related Articles