Detail Article
Citicoline Berpotensi Mencegah Demensia atau Memperlambat Perburukan Kognitif pada Pasien dengan Mild Cognitive Impairment
dr. Allen
Mar 29
Share this article
134a3709cc05f6012f964286086c7282.jpg
Updated 31/Mar/2023 .

Mild cognitive impairment (MCI) merupakan penurunan objektif fungsi kognitif yang tidak memiliki atau berdampak minimal pada aktivitas instrumental kehidupan sehari-hari, yang dapat dilaporkan oleh kerabat atau pasien itu sendiri. MCI dapat pulih sepenuhnya, menetap, atau bahkan berkembang menjadi demensia. Sekitar 12-36% orang berusia 65 tahun ke atas memiliki MCI dan orang tersebut berisiko lebih besar terkena demensia.


Menurut Chen, et al, MCI sebagian besar berkembang menjadi penyakit Alzheimer dan sebagian kecil menjadi demensia vaskular. MCI dan demensia juga dapat terjadi pada pasien dengan penyakit Parkinson (PD). Pada pasien MCI dan demensia dapat terjadi penurunan fungsi kognitif dan memperburuk kualitas hidup dan kesejahteraan lanjut usia.

 

Citicoline merupakan salah satu suplemen nutrisi yang dianggap berpotensi untuk mencegah atau memperlambat demensia. Citicoline meningkatkan konsentrasi asetilkolin intrasinaptik serta mencetuskan sintesis fosfolipid dan perbaikan saraf. Citicoline tampaknya juga efektif dalam meningkatkan fungsi kognitif pada orang sehat normal.

 

Bonvicini, et al, melakukan studi tinjauan sistematis, meta-analisis, untuk mengevaluasi apakah citicoline, dibandingkan dengan plasebo atau pengobatan standar, efektif dalam mencegah demensia pada pasien MCI atau dapat meningkatkan fungsi kognitif pada pasien demensia. Citicoline digunakan sebagai intervensi tunggal atau sebagai tambahan terapi standar dan kelompok kontrol terdiri dari plasebo atau terapi standar. Dari 512 literatur yang didapatkan, terdapat 7 literatur dengan total peserta 1.489 pasien yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini.

 

Penilaian fungsi kognitif menggunakan mini mental state examination (MMSE). Seluruh literatur yang digunakan pada studi ini menunjukkan efek yang positif terhadap penggunaan citicoline pada fungsi kognitif. Hasil studi ini menunjukkan citicoline memiliki nilai MMSE yang lebih baik secara signifikan bila dibandingkan dengan kontrol.

 

Kesimpulan:

Hasil penelitian ini mengonfirmasi penggunaan citicoline pada pasien mild cognitive impairment dalam mencegah demensia atau memperlambat perburukan kognitif dengan memperbaiki status kognitif.

 

Gambar: Ilustrasi (Sumber: rawpixel-Freepik)

Referensi:

1.  Bonvicini M, Travaglini S, Lelli D, Antonelli Incalzi R, Pedone C. Is citicoline effective in preventing and slowing down dementia? A systematic review and a meta-analysis. In Nutrients 2023;15(2):386. https://doi.org/10.3390/nu15020386

2.  Chen PH, Cheng SJ, Lin HC, Lee CY, Chou CH. Risk factors for the progression of mild cognitive impairment in different types of neurodegenerative disorders. Behavioural Neurology 2018;6929732:1-6. https://doi.org/10.1155/2018/6929732


Share this article
Related Articles