Detail Article
Tofacitinib Lebih Efektif untuk Ulcerative Colitis Gejala Ringan Dibandingkan Gejala Sedang
dr. Nugroho Nitiyoso, MBA
Mar 08
Share this article
2978dd8fac6605a55ed0aa60b24809fb.jpg
Updated 10/Mar/2023 .

Ulcerative colitis adalah penyakit inflamasi kronik yang mengenai usus pada bagian kolon dan rektum, yang ditandai oleh nyeri perut dan diare berdarah. Penyebab dari ulcerative colitis adalah adanya proses autoimun. Ulcerative colitis berbeda dengan penyakit Crohn dalam hal bagian yang terkena, di mana ulcerative colitis hanya mengenai usus bagian kolon dan rektum, sedangkan penyakit Crohn dapat mengenai bagian manapun dari sistem pencernaan.


Karena ulcerative colitis disebabkan oleh proses autoimun, maka pengobatannya pun menggunakan obat–obat untuk meredakan inflamasi, misalnya: methotrexate, adalimumab, atau tofacitinib.

 

Dr. Lee dan tim dari USA melakukan sebuah uji klinik yang mengevaluasi efektivitas tofacitinib pada pasien ulcerative colitis, yang dibedakan berdasarkan gejalanya menurut MES (Mayo Endoscopic Score), antara gejala ringan (skor 0) dan gejala sedang (skor 1).


Hasilnya, pada minggu ke-52, pasien ulcerative colitis gejala ringan (MES skor 0), lebih banyak yang mengalami remisi, secara bermakna, dibandingkan pasien ulcerative colitis gejala sedang (MES skor 1), 61,9% vs 36,5% untuk tofacitinib 5 mg dua kali sehari dan 75,0% vs 54,2% untuk tofacitinib 10 mg dua kali sehari.


Kesimpulan:

Uji klinik ini menyimpulkan bahwa tofacitinib efektif untuk memperbaiki gejala. Pasien dengan ulcerative colitis gejala ringan (MES skor 0), lebih banyak yang mencapai remisi dibandingkan pasien ulcerative colitis gejala sedang (MES skor 1).

 


Gambar: Ilustrasi (Sumber: katemangostar - Freepik) 

Referensi:

Lee SD, Allegretti JR, Steinwurz F, Connelly SB, Lawendy N, Paulissen J, Gecse KB. Tofacitinib as a maintenance therapy in patients with ulcerative colitis stratified by OCTAVE sustain baseline Mayo endoscopic subscore. BMC Gastroenterol. 2023;23(1):34.


Share this article
Related Articles