Detail Article
Efek Bisphosphonate pada Penyembuhan Fraktur
dr. Esther Kristiningrum
Jan 10
Share this article
6aafd0011e9a21e7093f5ca229a13df2.jpg
Updated 17/Jan/2023 .

Osteoporosis dapat meningkatkan fraktur patologis dan sekitar 8,9 juta fraktur osteoporotik terjadi setiap tahun di seluruh dunia. Penurunan densitas tulang paling sering ditemukan pada tulang panggul dan tulang belakang yang dapat menyebabkan osteoporosis pada pasien dengan osteopenia atau faktor risiko osteoporosis. Selain itu, osteoporosis dapat menyebabkan hambatan penyembuhan fraktur atau komplikasi lainnya.


Obat golongan bisphosphonate dapat mencegah penurunan massa tulang dengan menghambat resorpsi oleh osteoklas dan merupakan obat anti-osteoporosis yang sering digunakan. Studi telah menunjukkan bahwa bisphosphonate dapat men-down-regulate metabolisme tulang yang dapat menyebabkan turnover tulang yang rendah. Untuk pasien fraktur, penggunaan bisphosphonate dapat secara bermakna menurunkan tingkat kekambuhan fraktur. Data yang ada menunjukkan bahwa semua obat yang disetujui FDA untuk osteoporosis termasuk bisphosphonate aman untuk diberikan 1-2 minggu pasca-fraktur akut. Namun, peranan bisphosphonate pada penyembuhan fraktur masih kontroversial.

 

Oleh karena itu, studi meta-analisis dilakukan terhadap 16 studi yang melibatkan 5.022 pasien. Hasilnya menunjukkan bahwa bisphosphonate tidak memiliki efek bermakna pada waktu penyembuhan fraktur, tetapi secara bermakna meningkatkan densitas mineral tulang (BMD) dan mencegah osteoporosis. Selain itu, bisphosphonate dapat menghambat resorpsi tulang serta petanda pembentukan tulang, dan menyebabkan turnover tulang yang rendah dibanding plasebo.

 

Disimpulkan bahwa bisphosphonate tidak memiliki efek yang bermakna pada waktu penyembuhan fraktur, namun dapat meningkatkan BMD dan menurunkan petanda pembentukan dan resorpsi tulang. Penggunaan dini bisphosphonate setelah cedera pada pasien yang sesuai dapat dipertimbangkan.

 


Gambar: Ilustrasi (Sumber: rawpixel.com - Freepik)

Referensi:

1. Gao Y, Liu X, Gu Y, Song D, Ding M, Liao L, et al. The effect of bisphosphonates on fracture healing time and changes in bone mass density: a meta-analysis. Front. Endocrinol.2021;12(688269).

2. Barton DW, Smith CT, Piple AS, Moskal SA, Carmouche JJ. Timing of bisphosphonate initiation after fracture: what does the data really say? Geriatr Orthop Surg Rehabil. 2020;11:2151459320980369.


Share this article
Related Articles