Detail Article
Efek Proteksi "Bee Pollen" pada Cidera Ginjal Akut (AKI), Proteinuria, dan Kristaluria pada Tikus yang Disebabkan Konsumsi Etilen Glikol
dr. Kupiya
Okt 24
Share this article
d06830ee055f75846df5d13e2d52adef.jpg
Updated 14/Des/2022 .

Saat ini kasus cidera ginjal akut sedang banyak dibicarakan yang dicurigai diakibatkan oleh etilen glikol. Stres oksidatif berperan dalam cedera dan kristalisasi ginjal yang diinduksi hiperoksaluria. Bee pollen adalah produk sarang lebah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dan efek perlindungan ekstrak bee pollen (BPE) terhadap kristaluria yang diinduksi etilen glikol (EG), dan cedera ginjal akut (AKI) telah diselidiki. Salah satunya oleh Asmae Elghouizi dari Laboratory of Natural Substances, Pharmacology, Environment, Modeling, Health, and Quality of Life (SNAMOPEQ), Department of Biology, Faculty of Sciences Dhar Mehraz, Sidi Mohamed Ben Abdellah University, Fez, Morocco dan kolega yang hasilnya telah dipublikasikan secara online dalam Scientific Reports Mei 2022.

Efek BPE pada cedera hati yang diinduksi EG dan proteinuria juga diperiksa. Sepuluh kelompok tikus Wister jantan diperlakukan setiap hari dengan kendaraan, cystone, BPE (100, 250, dan 500 mg/kg b.wt.), dan kelompok 6–9 diobati dengan EG, EG + BPE (100, 250, dan 500 mg/kg b.wt.) dan kelompok 10 EG + cyste. Dosis EG adalah 0,75% v/v, dan dosis siston adalah 500 mg/kg b.wt. Pada hari ke 30, sampel darah dan urin dikumpulkan untuk dianalisis. Ginjal diangkat untuk studi histopatologi. Aktivitas antioksidan BPE dinilai, dan total fenol dan flavonoidnya ditentukan.


EG secara signifikan meningkatkan parameter urin (pH, volume, kalsium, fosfor, asam urat, dan protein), urea darah, kreatinin, dan enzim hati (P < 0,05). EG menurunkan klirens kreatinin dan magnesium urin dan menyebabkan kristaluria. Pengobatan dengan BPE atau cyste mengurangi efek EG; BPE lebih poten daripada cyste (P < 0.05).


BPE meningkatkan volume urin, natrium, dan magnesium dibandingkan dengan kelompok kontrol dan perlakuan EG. BPE mengurangi proteinuria dan mencegah AKI, kristaluria, cedera hati, dan perubahan histopatologis pada jaringan ginjal yang disebabkan oleh EG. BPE mungkin memiliki efek perlindungan terhadap EG-induced AKI, kristaluria, proteinuria, dan deposisi batu, kemungkinan besar oleh kandungan dan aktivitas antioksidannya.



Gambar: Ilustrasi (sumber: azerbaijan_stockersa -Freepik)

Referensi:

Elghouizi A, Al-Waili N, Elmenyiy N, Elfetri S, Aboulghazi A, Al-Waili A, et al. Protective effect of bee pollen in acute kidney injury, proteinuria, and crystalluria induced by ethylene glycol ingestion in rats. Scientific Reports [Internet]. 2022:12:8351. [cited 2022 Oct 20]. Available from: https://www.nature.com/articles/s41598-022-12086-8


Share this article
Related Articles