Detail Article

Formula Enteral Berbasis Oligomerik untuk Cegah Diare pada Nutrisi Sonde

dr. Dedyanto Henky Saputra
Des 30
Share this article
2339f787c4fa7ecada0602a00e7791d9.jpg
Updated 30/Des/2022 .

Diare adalah masalah umum yang terjadi pada pasien yang mendapatkan asupan nutrisi melalui sonde. Penggunaan formula enteral berbasis peptide/oligomerik telah disarankan pada kondisi ini

Penelitian berikut bertujuan untuk mengevaluasi efek formula berbasis protein peptida/oligomerik pada kondisi intoleransi gastrointestinal, terutama berfokus untuk gejala diare pasien yang tidak toleran terhadap pemberian nutrisi enteral formula polimerik.

 

Penelitian merupakan studi prospektif, single-arm, open-label, multicentre, yang dilakukan pada Maret 2021 hingga Maret 2022 di dua rumah sakit. Pasien yang mengalami diare selama pemberian nutrisi sonde dengan formula polimerik diberikan suplemen nutrisi berbasis kandungan tinggi protein peptida/oligomerik selama ≤7 hari. Parameter utama yang dievaluasi adalah berat dan frekuensi feses pada awal, hari ke-3, dan hari ke-7 (akhir penelitian).

 

Hasil penelitiannya:

· Sejumlah dua puluh delapan pasien yang mengalami diare saat pemberian makan via sonde masuk dalam kriteria inklusi penelitian.

· Setelah mengganti suplemen nutrisi menjadi bentuk peptida/oligomerik terjadi perbaikan signifikan dalam frekuensi feses dan berat feses yang diamati pada kondisi baseline, hari ke-3, dan hari ke-7, yang berturut turut: (median [IQR/interquartile range] frekuensi feses: 5 (2), 2,5 (3,5), dan 3 (3) kali/hari, p <0,001; sedangkan untuk berat feses rata-rata berturut turut: 500 (370), 170 (285), dan 275 (385) gram/hari, masing-masing p = 0,015).

· Konsistensi feses yang dinilai menggunakan Bristol Stool Score juga menunjukkan perbaikan yang signifikan dari waktu ke waktu.

· Tidak ada efek samping serius yang dilaporkan.

 

Kesimpulan:

Formula enteral berbasis protein peptida/oligomerik efektif dalam mengurangi berat dan frekuensi feses pada pasien yang mengalami diare selama pemberian nutrisi sonde dengan formula polimerik.

 

 

Gambar: Ilustrasi (Freepik)

Referensi:

Rattanachaiwong S, Siritientong T, Pisprasert V, Hongsprabhas P, Deawtrakulchai P, Williams S, et al. A high-protein peptide-based enteral formula improves diarrhea in tube-fed patients: A prospective multicenter study. Nutrition and Health 2022;0(0).


Share this article
Related Articles