Adakah Manfaat Nutrisi dan Vitamin Dalam Kasus Covid-19?, Ini Salah Satu Reviewnya
Monday, May 18, 2020

Adakah Manfaat Nutrisi dan Vitamin Dalam Kasus Covid-19?, Ini Salah Satu Reviewnya

Nutrisi yang seimbang yang dapat membantu dalam mempertahankan kekebalan sangat penting untuk pencegahan dan pengelolaan infeksi virus. Dari review terbaru menujukkan bahw beberapa vitamin, probiotik maupun nutrasetikal lainnya mempunyai potensi untuk membantu mencegah dan tatalaksana Covid-19, hal ini berdasarkan dari review yang dilakukan oleh Dr. Ranil Jayawardena dari Department of Physiology, Faculty of Medicine, University of Colombo, Colombo, Sri Lanka dan kolega yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews bulan Juli 2020.

Dalam studi tersebu, peneliti menggunakan data dari pencarian secara sistematis dengan menggunakan kata kunci untuk mencari literatur dalam 3 database medis utama: PubMed, Web of Science dan SciVerse Scopus. Studi dianggap memenuhi syarat jika merupakan uji coba terkontrol pada manusia, mengukur parameter imunologis, pada infeksi virus dan pernapasan. Uji klinis pada vitamin, mineral, nutraceuticals dan probiotik dimasukkan.

Sebanyak 640 catatan diidentifikasi pada awalnya dan 22 studi dimasukkan dari sumber lain. Setelah dilakukan evaluasi lebih lanjut diperoleh 43 studi terkait vitamin: 13; mineral: 8; nutraceuticals: 18 dan probiotik: 4. Di antara vitamin, A dan D berpotensi menunjukkan manfaat, terutama pada populasi yang kekurangan. Di antara "trace element", selenium dan seng juga menunjukkan efek modulasi kekebalan yang baik pada infeksi pernapasan virus. Beberapa nutraceutical dan probiotik juga memiliki peran dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Zat gizi mikro mungkin bermanfaat dalam populasi lansia yang kekurangan nutrisi.

Dari beberapa studi yang didapatkan tersebut, peneliti merangkum adanya potensi  manfaat dari beberapa vitamin, "trace element" , nutrasetikal dan probiotik dalam infeksi virus. Prinsip-prinsip nutrisi berdasarkan data ini berpotensi dapat berguna dalam pencegahan dan pengelolaan COVID-19.

 

Image: Ilustrasi (sumber: https://news.umich.edu/)
Referensi: Ranil Jayawardena, Piumika Sooriyaarachchi,  Michail Chourdakis. Enhancing immunity in viral infections, with special emphasis on COVID-19: A review. Internet (Cited: 14/5/2020). Available at: https://www.sciencedirect.com/  science/article/pii/S1871402120300801

Please login or register to post comments.