Penggunaan Masker, Dapatkan Melindungi dari Infeksi Coronavirus? (1)
Wednesday, February 19, 2020

Penggunaan Masker, Dapatkan Melindungi dari Infeksi Coronavirus? (1)

Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang coronavirus baru (2019-nCoV) atau Covad-19 dari Cina, banyak orang berusaha mencari cara terbaik untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai dari infeksi. Dua pertanyaan besar dari banyak orang adalah: Apakah memakai masker mulut dan hidung membuat kita tetap aman? Dan jika demikian, jenis apa?

Hal yang paling penting untuk dipahami adalah bahwa para peneliti masih berusaha mencari cara bagaimana virus corona baru ini ditularkan. Sementara itu, saran terbaik berdasarkan rekomendasi CDC adalah:

1. Cuci tangan Anda secara teratur sepanjang hari
2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.
3. Hindari kontak dengan orang yang sakit.

Tindakan ini akan membantu melindungi Anda dari seluruh infeksi, termasuk 2019-nCoV.

Masker mulut hidung dapat berperan dalam mencegah infeksi, tetapi peran itu terbatas. Ada beberapa bukti bahwa mengenakan masker dapat melindungi Anda terhadap penularan virus dari tangan ke mulut, mungkin karena Anda lebih memperhatikan tidak menyentuh wajah Anda saat Anda memakainya. Anda juga memiliki perlindungan dari percikan, jika orang yang terinfeksi bersin atau batuk di sekitar Anda. Kekhawatiran terbesar dokter adalah tentang merekomendasikan masker adalah rasa aman palsu yang mungkin muncul bersamaan dengan pemakaian masker. 

Ada banyak alasan mengapa masker wajah tidak ideal. Sebagai contoh, sangat sulit untuk menemukan yang pas di sekitar hidung dan mulut Anda atau mempertahankannya untuk jangka waktu yang lama. Begitu Anda menggaruk hidung atau menyentuh mulut di balik masker, Anda kehilangan perlindungan yang seharusnya ditawarkan masker. Dalam pengaturan medis, ada pedoman yang sangat spesifik tentang kapan harus menggunakan masker dan perlindungan seperti apa yang dikenakan tergantung pada jenis infeksi yang dimiliki pasien.

 

Silakan baca juga: Penggunaan Masker, Dapatkan Melindungi dari Infeksi Coronavirus? (2)

Image: Ilustrasi (sumber: https://ellessco.com/myair-mask#)
Referensi: Neha Pathak, MD. Can Wearing a Mask Protect You From Coronavirus? (Internet cited: 18/02/2020). Available at: https://www.medscape.com/viewarticle/924531

Please login or register to post comments.