Hasil Review Sistematik,  Penggunaan Tekanan Negatif Membantu Penyembuhan Ulkus Tungkai Diabetes
Friday, November 15, 2019

Hasil Review Sistematik, Penggunaan Tekanan Negatif Membantu Penyembuhan Ulkus Tungkai Diabetes

Di zaman modern ini, prevalensi diabetes melitus semakin meningkat. Diabetes melitus dapat menyebabkan komplikasi berbahaya yang dikenal sebagai ulkus diabetes (diabetic foot ulcer). Pada ulkus diabetes, luka pada tungkainya sulit mengalami penyembuhan karena adanya komplikasi berupa makroangiopati (gangguan aliran darah pada pembuluh arteri), mikroangiopati (gangguan aliran darah pada pembuluh kapiler), dan neuropati (gangguan serabut saraf sensorik sehingga terasa baal) diabetes.

Ada banyak modalitas yang digunakan bersama dalam kombinasi untuk mengobati ulkus diabetes, antara lain: hydrogel, antimikroba, debridement. dan yang banyak diteliti akhir-akhir ini adalah perawatan luka tekanan negatif. Dr. Liu dan tim dari Sichuan university melakukan sebuah review sistematik dan metaanalisis untuk mengevaluasi manfaat penggunaan perawatan luka tekanan negatif untuk ulkus pada tungkai pasien diabetes melitus, yang telah tercatat dalam Cochrane Database Systematic Review tahun 2018.

Didapatkan data dari 11 uji klinik acak (Randomized Controlled Trial) dengan total 972 subjek, meskipun tidak semua uji klinik ini mengevaluasi parameter yang sama. Data dari 5 pooled studies (486 subjek) menyimpulkan bahwa pengunaan perawatan luka tekanan negatif pada ulkus tungkai pasien diabetes melitus dapat bermanfaat untuk meningkatkan proporsi ulkus yang mengalami penyembuhan dibandingkan tidak menggunakan tekanan negatif (RR 1,40; 95% CI 1,14 sampai 1,72). Selain itu, data dari 3 studi (441 subjek) menunjukkan bahwa kelompok yang mendapatkan perawatan luka tekanan negatif mengalami risiko yang lebih rendah untuk mendapatkan amputasi (RR 0,33; 95% CI 0,15 sampai 0,70).2

Review sistematik ini menyimpulkan bahwa penggunaan perawatan luka tekanan negatif dapat bermanfaat untuk meningkatkan proporsi ulkus yang mengalami penyembuhan serta menurunkan risiko amputasi pada pasien ulkus tungkai dengan diabetes melitus

 

Silakan baca, Perawatan Luka Tekanan Negatif - PICO

Image: Ilustrasi (https://www.woundsource.com)
Referensi:
1. Chang JW, Heo W, Choi MSS, Lee JH. The appropriate management algorithm for diabetic foot: A single-center retrospective study over 12 years. Medicine (Baltimore). 2018 Jul;97(27):e11454. 
2. Liu Z, Dumville JC, Hinchliffe RJ, Cullum N, Game F, Stubbs N, et al. Negative pressure wound therapy for treating foot wounds in people with diabetes mellitus. Cochrane Database Syst Rev. 2018 Oct 17;10:CD010318. 


 

Please login or register to post comments.