Detail Article
UI Health Innovation Expo, 27-28 Juni 2024
dr. Dita Arccinirmala
Jun 28
Share this article
305b636a6f1d316c5e4c0a9a640f8a8d.jpeg
Updated 01/Jul/2024 .

Universitas Indonesia (UI) mengadakan UI Health Innovation Expo yang diselenggarakan pertama kali pada 27–28 Juni 2024 bertempat di Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, Kampus UI Depok. Acara tersebut menghadirkan pameran hasil riset dan inovasi UI di bidang kesehatan yang turut dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Republik Indonesia, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., Ph.D.

Tujuan kegiatan UI Health Innovation Expo 2024 adalah untuk mempromosikan hasil inovasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya riset di bidang kesehatan. Selain itu, kegiatan ini juga membangun jejaring dan kolaborasi antara UI dengan mitra industri farmasi, rumah sakit, alat kesehatan, alat laboratorium, dan pemerintah. Ketua Pelaksana UI Health Innovation Expo 2024, Dr. Eko Sakapurnama, S.Psi., MBA., mengatakan: “The 1st UI Health and Innovation Expo 2024 merupakan upaya manifestasi UI sebagai wujud Entrepreneurial University melalui penguatan kolaborasi hasil inovasi kampus dengan dunia industri.”


UI Health Innovation Expo 2024 juga menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi, peneliti, praktisi industri, dan tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi kesehatan berupa seminar. Pada sesi pertama, materi yang dibahas seputar perkembangan dan penerapan teknologi inovasi dalam meningkatkan layanan kesehatan, serta peran keluarga dan masyarakat dalam mendukung kesehatan mental. Materi ini disampaikan oleh Ketua Senat UI yang juga adalah Wakil Direktur Lembaga Penelitian dan Pendidikan Kedokteran Indonesia FKUI, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MD, Sp.OG; Direktur Utama Biofarma, Shadiq Akasya; dan Founder Ruang Tumbuh Indonesia, Irma Gustiana, Psi.


Pada sesi kedua, narasumber terdiri atas Deputi Direksi Bidang Riset, Inovasi, dan Pengembangan BPJS Kesehatan, dr. Donni Hendrawan, MPH, CQP, CHIP, CQRCP; Direktur RSUD Pasar Rebo, drg. Iwan Kurniawan, M.Si.; dan Direktur Utama PT Integra Kreasitama Solusindo, Edi Suryobroto. Ketiganya membahas tantangan dan solusi dalam implementasi health innovation dan digital solutions untuk meningkatkan kesehatan akses dan kualitas layanan.


Sementara itu, di sesi terakhir, narasumber yang hadir meliputi Direktur DISTP UI, Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., MUP, Ph.D.; Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk., Vidjongtius; dan Ketua UPT Pembiayaan Usaha dan Kerjasama Eksternal, Asep Adipurna, S.Si., membahas materi tentang pemanfaatan artifical intelligence dan big data dalam bidang kesehatan, serta strategi dalam membangun ekosistem industri kesehatan di Indonesia. Dalam paparannya, Bpk. Vidjongtius menyampaikan bahwa tanpa disadari kita sudah menggunakan AI dalam kehidupan sehari-hari. AI in our lives: more connected, more abundant, the smarter it becomes.

Share this article
Related Articles