Detail Article
Nikmati Makanan Lebaran dengan Tetap Sehat
dr. Dita Arccinirmala
Apr 05
Share this article
99ab538515cf35a35645a26993f50b7e.jpg
Updated 05/Apr/2024 .

Momen hari raya, seperti Idul Fitri dan Idul Adha, identik dengan sajian makanan yang lezat, seperti opor ayam, rendang, gulai, hingga makanan ringan lainnya seperti nastar dan kastengel. Namun, perlu diingat bahwa makanan tersebut mengandung tinggi kalori, lemak, dan gula, sehingga apabila tidak dibatasi, akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Oleh karena itu, agar tetap sehat selama hari raya dan setelahnya ikuti tips berikut:

1.  Memperhatikan Porsi Makanan

Poin penting dalam menikmati hidangan lebaran adalah dengan memperhatikan dan mengatur porsi makan. Konsumsi makanan secara berlebihan dan tidak memperhatikan porsi makanan, akan berdampak tidak baik pada kesehatan tubuh.

2.  Konsumsi Sayur dan Buah

Mengonsumsi sayur dan buah yang cukup akan dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengimbangi kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, tetap perlu memperhatikan porsi makan utamanya.

3.  Minum Air Putih yang Cukup

Hindari minuman softdrink atau alkohol, karena hal tersebut akan lebih meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga risiko terkena diabetes akan meningkat. Perbanyak minum air putih sebagai pengganti minuman manis.

4.  Aktif Bergerak

Melakukan aktivitas fisik, misalnya olahraga, secara rutin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan membakar kalori dalam tubuh.

5.  Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Tetap biasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun agar tidak tertular ataupun menularkan penyakit ke anggota keluarga lainnya.

 

Tetap sehat selama hari raya agar berkumpul bersama keluarga semakin menyenangkan.

 

Referensi:

1.    Kementerian Kesehatan. Tips sehat menikmati menu lebaran [Internet]. 2022 Apr 27 [cited 2024 Mar 22]. Available from: https://ayosehat.kemkes.go.id/tips-sehat-menikmati-menu-lebaran.

2.    Kementerian Kesehatan. Tips sehat mengonsumsi hidangan lebaran [Internet]. 2023 Apr 24 [cited 2024 Mar 22]. Available from: https://ayosehat.kemkes.go.id/tips-sehat-mengonsumsi-hidangan-lebaran

Share this article
Related Articles