Detail Article

Asupan Vitamin D Memperbaiki Prognosis Pasien Kanker Paru

dr. Esther Kristiningrum
Jul 03
Share this article
ccde13e026e98ba0cc1e7cdbea1a585f.jpg
Updated 03/Jul/2023 .

Peranan vitamin D telah dikenal dalam beberapa penyakit kanker, termasuk kanker paru. Vitamin D dihipotesiskan dapat mencegah kekambuhan kanker dengan menghambat proliferasi sel, angiogenesis, dan metastasis, serta menginduksi apoptosis dan diferensiasi. Studi sebelumnya telah melaporkan bahwa asupan vitamin D dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat dan payudara. 

Efek asupan vitamin D pada kejadian kanker paru masih belum jelas. Oleh karena itu, dilakukan suatu meta-analisis untuk menilai keterkaitan antara vitamin D dengan prognosis dan kejadian kanker paru. Pencarian database komprehensif dari PubMed, Web of Science, EBSCO, dan Cochrane Library dilakukan hingga November 2020. Tingkat kelangsungan hidup dan kejadian pasien dengan kanker paru merupakan keluaran utama studi ini. Sebanyak 10 studi dipilih untuk meta-analisis yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Empat studi di antaranya dengan total 5.007 pasien membandingkan tingkat kelangsungan hidup keseluruhan (OS) dan kelangsungan hidup bebas relaps (RFS) pasien kanker paru pengguna vitamin D dengan bukan pengguna vitamin D.

 

Secara bermakna, estimated pooled hazard ratio (HR) menunjukkan bahwa vitamin D dapat memperbaiki OS dan RFS pasien kanker paru (HR=0,83; 95% CI 0,72-095 untuk OS; HR=0,79, 95% CI 0,61-0,97 untuk RFS). Status vitamin D juga memiliki kaitan terbalik dengan kejadian kanker paru pada 6 studi (OR=0,90; 95% CI 0,83-0,97).

 

Kesimpulan:

Dari hasil meta-analisis ini didapatkan bahwa asupan vitamin D dapat memperbaiki prognosis pasien kanker paru dan berkaitan terbalik dengan kejadian kanker paru. Namun diperlukan studi yang lebih besar untuk mengonfirmasi hasil studi ini. Juga terdapat kebutuhan untuk memperpanjang durasi tindak lanjut dan mengevaluasi dosis penggunaan vitamin D yang optimal.

 


Gambar: Ilustrasi (Sumber: Freepik)

Referensi:

Qian M, Lin J, Fu R, Qi S, Fu X, Yuan L, et al. The role of vitamin d intake on the prognosis and incidence of lung cancer: A systematic review and meta-analysis. J Nutr Sci Vitaminol (Tokyo) 2021;67(5):273-82. doi: 10.3177/jnsv.67.273.


Share this article
Related Articles