Suplementasi Vitamin D Berpotensi Memperbaiki Gejala Rinitis Alergi
Monday, September 30, 2019

Suplementasi Vitamin D Berpotensi Memperbaiki Gejala Rinitis Alergi

Di antara rinitis kronis, rinitis alergi merupakan jenis rinitis yang paling sering ditemukan dan mengenai hingga 20% subjek. diperkirakan saat ini terdapat peningkatan kejadian dan prevalensi penyakit ini. Diperkirakan gejala rinitis ditemukan pada 75% anak dan 80% orang dewasa asmatik.

Kadar vitamin D yang rendah terjadi pada subjek dengan rinitis alergi. Kadar vitamin D berkorelasi dengan tingkat keparahan penyakit. Studi terbaru menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D memberikan dampak terjadinya perbaikan gejala rinitis alergika yang ditunjukkan dengan penurunan "Total Nasal Symptom Score" setelah suplementasi vitamin D

Dalam studi tersebut peneliti sebanyak 50 subjek dengan rinitis alergi secara acak mendapat vitamin D3 1000 IU/hari selama 30 hari atau plasebo sebagai kontrol. Kemudian dilakukan pemeriksaan kadar vitamin D dan Total Nasal Symptom Score (TNSS) saat awal dan akhir periode studi.

Hasilnya menunjukkan bahwa pada pasien dengan rinitis alergi ditemukan defisiensi vitamin D. Saat awal studi, kadar vitamin D rata-rata pada kelompok vitamin D 17,32 ng/mL dan pada kelompok kontrol 18,19 ng/mL. Skor TNSS rata-rata 9,92 pada kelompok vitamin D dan 10,17 pada kelompok kontrol. 

Sedangkan saat akhir studi/pasca-terapi, kadar vitamin D rata-rata pada kelompok vitamin D 29,71 ng/mL dan pada kelompok kontrol 18,67 ng/mL. Skor TNSS rata-rata 2,81 pada kelompok vitamin D dan 5,42 pada kelompok kontrol. Perbedaan antara kedua kelompok tersebut bermakna. Selain itu, korelasi antara tingkat keparahan penyakit yang bermakna juga direpresentasikan oleh perbedaan skor TNSS dan kadar vitamin D.
 

 

Image: Ilustrasi (sumber: https://safelaser.care)
Referensi:
1. Malik A, Menon B, dar Y, Garg T, Bhatia H, Kaur C. Placebo controlled trial of vitamin D supplementation in allergic rhinitis. European Respiratory Journal 2015 46: PA2559;DOI:10.1183/ 13993003.congress-2015.PA2559
2. Modh D, Katarkar A, Thakkar B, Jain A, Shah P, Joshi K. Role of vitamin D supplementation in allergic rhinitis. Indian Journal of Allergy, Asthma and Immunology 2014;28(1).

Please login or register to post comments.