Olahraga Aerobik Secara Teratur, Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak
Tuesday, September 24, 2019

Olahraga Aerobik Secara Teratur, Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak

Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur tampaknya menunda atrofi hipokampus pada pasien lanjut usia dengan gangguan kognitif ringan amnestik (aMCI - amnestic mild cognitive impairment). Hal ini merupakan hasil studi terbaru yang dilakukan oleh Dr. Tarumi dari Institute for Exercise and Environmental Medicine, Texas Health Presbyterian Hospital Dallas, Dallas, USA dan kolega seperti yang telah dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer's Disease tahun 2019 ini.

Dalam studi tersebut juga ditemukan bahwa pasien yang sebelumnya dengan gejala penurunan memori secara menetap dan berpartisipasi dalam program latihan aerobik mengalami peningkatan dalam memori dan fungsi eksekutif, meskipun mereka masih mengalami atrofi otak progresif keseluruhan dan deposisi amiloid beta (Aβ) secara keseluruhan. 

Temuan menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat memperlambat efek penyakit Alzheimer (AD) jika diperkenalkan pada tahap awal. Juga memberikan informasi kepada dokter dokter untuk mendorong pasien yang berisiko demensia Alzheimer, termasuk mereka yang memiliki keluhan memori atau riwayat keluarga AD, untuk melakukan latihan aerobik secara aman dengan derajat sedang hingga kuat selama minimal 30 menit tiga hingga lima kali seminggu.

Sejumlah penelitian telah mengaitkan kebugaran dengan kesehatan otak. Sebuah studi sebelumnya menunjukkan bahwa individu yang memiliki tingkat kebugaran lebih rendah mengalami kerusakan lebih cepat dari serat saraf vital dalam "white matter". Selain itu, penelitian pada hewan telah diketahui adanya korelasi antara olahraga dan atrofi hippocampal yang lebih lambat.

 

 

Silahkan baca juga:Brainact, Prekursor phospholipid, menghambat deposisi beta amiloid di otak,

Image: Ilustrasi (sumber: https://researchfeatures.com)
Referensi:
1.  Tarumi, Takashia;Rossetti, Heidid: Thomas, Binu ; Harris, Thomasb; Tseng, Benjamin Y.; Turner, Marcela et al. Exercise Training in Amnestic Mild Cognitive Impairment: A One-Year Randomized Controlled Trial.  Journal of Alzheimer's Disease 2019;71(2)421-33.
2. Pauline Anderson. Regular Exercise May Slow Progression to Alzheimer's.https://www.medscape.com/viewarticle/918699

Please login or register to post comments.