Detail Article
Suplementasi Zinc Membantu Penyembuhan Ulkus Diabetes
nugroho nitiyoso
Nov 27
Share this article
img-Gelas-ukur1.jpg
Updated 13/Jul/2022 .

Ulkus diabetes adalah salah satu komplikasi diabetes yang sering terjadi. Diperkirakan sebanyak 1 dari 4 pasien diabetes akan pernah mengalami ulkus diabetes dalam hidupnya. Ulkus diabetes terjadi sebagai akibat dari kompikasi neuropati, microangiopati dan macroangiopati.

Ulkus diabetes adalah salah satu komplikasi diabetes yang sering terjadi. Diperkirakan sebanyak 1 dari 4 pasien diabetes akan pernah mengalami ulkus diabetes dalam hidupnya. Ulkus diabetes terjadi sebagai akibat dari kompikasi neuropati, mikroangiopati, dan makroangiopati.

Sebagai pengobatan ulkus diabetes perlu kombinasi antara pengobatan sistemik, perawatan luka, nutrisi dan suplementasi. Salah satu suplementasi yang diduga dapat bermanfaat untuk membantu penyembuhan ulkus diabetes adalah zinc. Zinc adalah mikronutrien yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh karena menjadi kofaktor pada berbagai enzim.

 

Studi yang dilakukan oleh dr. Momen-Heravi dan tim dari Iran melakukan sebuah uji klinik yang diterbitkan di Jurnal Wound Repair Regeneration tahun 2017. Studi ini melibatkan sebanyak 60 pasien dengan ulkus diabetes grade 3 yang secara acak mendapatkan perawatan luka standar + suplementasi oral zinc sulfate 220 mg / hari atau plasebo selama 12 minggu.

Dari hasil intervensi tersebut menunjukkab bahwa suplementasi zinc memberikan manfaat secara bermakna terhadap perbaikan luas luka ataupun penurunan kadar HbA1c pada pasien dengan ulkus diabetes derajat 3. Dan dari studi tersebut peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi zinc mempercepat penyembuhan luka serta memperbaiki profil HbA1c pasien DM. 

 

Image: Ilustrasi

Referensi:

1. Diabetic Ulcers: Practice Essentials, Pathophysiology, Etiology. 2017 Mar 27 [cited 2017 Apr 26]; Available from: http://emedicine.medscape.com/article/460282-overview

2. Momen-Heravi M, Barahimi E, Razzaghi R, Bahmani F, Gilasi H, Asemi Z. The effects of zinc supplementation on wound healing and metabolic status in patients with diabetic foot ulcer: A randomized, double-blind, placebo-controlled trial. Wound Repair Regen Off Publ Wound Heal Soc Eur Tissue Repair Soc. 2017 Apr 10;

 

Share this article
Related Articles