Detail Article
Suplementasi SOD dapat Membantu Atasi Kelelahan
dr. Angeline Fanardy
Sep 24
Share this article
img-Semangka1.jpg
Updated 23/Agt/2022 .

Kehidupan di jaman modern ini dipenuhi dengan tekanan tinggi sehingga sering menyebabkan stres. Masing-masing individu mempunyai kadar stres masing-masing yang berkaitan dengan toleransi stres-nya. Penelitian membuktikan bahwa pasien yang kelelahan memiliki peningkatan stres oksidatif (pasien yang sering lembur).

Stres dapat menjadi masalah jika menjadi kronik dan berat, paparan yang terlalu lama terhadap stres dapat menimbulkan komplikasi seperti kecemasan, depresi, isolasi sosial, mood swing, kelelahan fisik dan mental, atau masalah yang lebih berat seperti gangguan kardiovaskuler atau supresi sistem imun.


Stres psikologi dan kelelahan menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif berperan dalam terjadinya kelelahan. Penelitian membuktikan bahwa pasien yang kelelahan memiliki peningkatan stres oksidatif (pasien yang sering lembur). Level stres oksidatif juga meningkat pada pasien dengan sindrom kelelahan kronik. Selain itu, penelitian membuktikan terjadinya peningkatan marker stres oksidatif pada plasma pasien yang lelah (bekerja hingga lembur). Level stres oksidatif juga meningkat pada sindrom kelelahan kronik, disertai dengan menurunnya Zinc, dan penurunan glutathione dan coenzim Q10.


Dari beberapa studi yang telah dipublisikan menunjukkan bahwa suplementasi SOD dari ekstrak melon bermanfaat untuk mengurangi stres dan kelelahan (baik fisik maupun mental). Studi yang melibatkan total 61 sukarelawan diberikan selama 12 minggu dengan dosis 10 mg/140 IU sedangkan pasien pembanding diberikan plasebo. 

 

 

 

Silahkan baca juga:Glisodin, Super Oxide Dismutase ekstrak Melon dengan Gliadin

Image: Ilustrasi (sumber: https://www.mashed.com)

Referensi:

1. Carillon J, Notin C, Schmitt K, Simoneau G, Lacan D. Dietary supplementation with a superoxide dismutase-melon concentrate reduce stress, physical and mental fatigue in healthy people: A randomised, double-blind, placebo controlled Trial. Nutrients 2014. 6:p. 2348-59. 

2. Casado, A.; de Lucas García, N.; López-Fernández, M.E.; Sánchez Rodríguez-Manzaneque, A.;Jiménez Fraile, J.A. Antioxidant enzymes, occupational stress and burnout in workers of a prehospitalary emergency service. Eur. J. Emerg. Med. 2005, 12, 111–115.

3. Maes, M.; Galecki, P.; Chang, Y.S.; Berk, M. A review on the oxidative an nitrosative stress (O & NS) pathways in major depression and their possible contribution to the (neuro)degenerative processes in that illness. Progr. Neuro-Psychopharmacol. Biol. Psych. 2011, 35, 676–692.

Share this article
Related Articles