Detail Article
Anjuran Pembersihan dan Disinfeksi Di Rumah Tangga
dr. Kupiya Timbul Wahyudi
Mar 31
Share this article
img-Pintu1.jpg
Updated 29/Agt/2022 .

Ada banyak yang harus dipelajari tentang jenis coronavirus baru penyebab penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Berdasarkan apa yang saat ini diketahui tentang coronavirus baru dan coronavirus serupa penyebab SARS dan MERS, menyebar dari orang ke orang dengan kontak dekat (jarak sekitar 1 - 2 meter).

Di sisi lain, penularan coronavirus baru kepada orang-orang dari permukaan yang terkontaminasi virus belum didokumentasikan. Bukti saat ini menunjukkan bahwa coronavirus baru dapat bertahan selama berjam-jam bahkan dalam hitungan hari pada permukaan yang terbuat dari berbagai bahan. 


Membersihkan tidak membunuh kuman, tetapi dengan menghilangkannya, menurunkan jumlah dan risiko penyebaran infeksi. Sedangkan disinfeksi dengan menggunakan bahan kimia dapat membunuh kuman di permukaan. Tindakan ini sebaiknya dilakukan karena tidak saja membersihkan atau menghilangkan kuman, sehingga dapat menurunkan risiko penyebaran infeksi. Tindakan ini sangat bermanfaat pada rumah tangga dengan penderita atau kecurigaan terinfeksi Covid-19. Bersihkan dan disinfeksi terutama pada permukaan yang sering disentuh setiap harinya di area umum rumah tangga (misal. meja, kursi, gagang pintu, sakelar lampu, remote tv, toilet, wastafel, dsb)


Pembersihan dan disinfeksi permukaan

Kenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi area permukaan. Sarung tangan harus dibuang setelah setiap pembersihan. Jika sarung tangan yang dapat digunakan kembali digunakan, sarung tangan tersebut harus dikhususkan untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan COVID-19 dan tidak boleh digunakan untuk tujuan lain. Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas.


Jika permukaannya kotor, mereka harus dibersihkan menggunakan deterjen atau sabun dan air sebelum disinfeksi. Untuk disinfeksi, dapat menggunakan larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan, larutan alkohol setidaknya 70%, dan disinfektan rumah tangga terdaftar oleh badan terkait. Larutan pemutih rumah tangga encer dapat digunakan jika sesuai jenis permukaan bendanya. Ikuti instruksi pabrik untuk cara penggunaan dan ventilasi yang tepat. Periksa untuk memastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluwarsa akan efektif melawan virus corona bila diencerkan dengan benar. Siapkan larutan pemutih dengan mencampurkan, 5 sendok makan (1/3 gelas) pemutih per galon air atau 4 sendok teh pemutih per liter air


Produk dengan klaim patogen virus yang muncul yang disetujui badan terkait, ikuti instruksi pabrik untuk semua produk pembersih dan disinfeksi (mis., Konsentrasi, metode aplikasi dan waktu kontak, dll.).


Untuk permukaan lunak (berpori) seperti karpet lantai, permadani, dan tirai, singkirkan kontaminan terlebih dahulu dan bersihkan dengan pembersih yang sesuai peruntukannya. Setelah dibersihkan, cuci barang sesuai dengan instruksi pabrikan. Jika memungkinkan, cucilah dengan menggunakan air yang paling hangat yang sesuai denganaturannya dan selanjutnya keringkan sepenuhnya, atau gunakan produk yang telah disetujui oleh badan terkait yang cocok untuk permukaan berpori.

 


Image: Ilustrasi (sumber: https://www.huffpost.com/)

Referensi: Clean & Disinfect. chttps://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaning-disinfection.html

Share this article
Related Articles