Detail Article
Anak Dengan Riwayat DHF, Terjadi Penebalan Tunika Intima Media Karotis
dr. Kupiya Timbul Wahyudi
Jan 19
Share this article
img-Aedes1.jpg
Updated 26/Agt/2022 .

Adanya infeksi dengue hemorrhagic fever (DHF), atau DBD, pada anak yang pernah terkena sebelumnya akan meningkatkan ketebalan tunika intima media dari karotis, hal ini berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Tom Versteege dari Julius Global Health/ Julius Center for Health Sciences and Primary Care, University Medical Center Utrecht, Utrecht, The Netherlands dan kolega yang telah dipublikasikan dalam Jurnal The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene bulan Maret 2019.

Dalam studinya, peneliti menilai ketebalan tunika-media karotis (cIMT) dan kekakuan pembuluh darah arteri pada sebanyak 28 anak-anak dan remaja dengan riwayat demam berdarah dengue (DBD) sebelumnya (interval rata-rata antara DBD dan penilaian kardiovaskuler adalah 8,4 tahun), dan 34 anak sebagai pembanding.


Dari studi tersebut ditemukan bahwa subjek dengan DBD sebelumnya memiliki peningkatan cIMT (yang disesuaikan sebesar) 42,6 μm (95% [CI]: 10,0-75,3, P = 0,01), dan 61,7 μm (95% CI: 21,5-102,0, P <0,01) dalam analisis subkelompok pada dengue dengan sindrom syok. Tidak ada perbedaan dalam kekakuan arteri. Dalam studi eksplorasi pertama ini, anak-anak dan remaja dengan riwayat DBD mengalami peningkatan ketebalan tunika-media karotis (CIMT), yang dapat dimodulasi oleh keparahan demam berdarah.

 


Image: Ilustrasi (sumber: https://www.voaindonesia.com)

Referensi: Tom Versteege, Mulya R. Karyanti, Witri Septiani, Annisa L. Widjanarko, Nikmah S. Idris, Aryono Hendarto, Diederick E. Grobbee, David Burgner, Cuno S. P. M. Uiterwaal, Patricia C. J. L. Bruijning-Verhagen. Increased Carotid Intima-Media Thickness in Children with a History of Dengue Hemorrhagic Fever. The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, 2019;100(3):630-4.

Share this article
Related Articles